Desain Rumah

Tips Menata Meja Makan di Ruang Sempit Agar Tetap Terlihat Rapi

Tips Menata Meja Makan di Ruang Sempit Agar Tetap Terlihat Rapi

Jasa Arsitek Rumah – Setiap pemilik hunian pasti ingin jika pemandangan di dalam rumahnya tetap terlihat rapi dan tidak terkecuali pada meja makan. Nah, bagi kamu yang ingin menata meja makan agar terlihat tetap rapi, berikut kami akan berikan beberapa tipsnya.

 

Pilih meja makan model sederhana

Di ruang makan sempit, kamu tidak bisa menggunakan perabot yang terlalu besar karena akan menghambat ruang gerak. Untuk itulah, kita perlu memakai meja makan minimalis dan pastikan kursi makan bisa masuk ke dalam meja. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan meja makan minimalis yang bisa diperpanjang atau extandable, sehingga tidak memakan tempat.

 

Hindari menggunakan taplak meja makan yang panjang

Taplak meja panjang akan membuat bagian bawah meja makan tertutup dan terkesan penuh. Lebih baik gunakan tatakan piring saja di atas meja makan.

 

Letakkan peralatan makan di tempat berbeda

Sering kali kita meletakkan wadah alat makan di atas meja, terutama sendok, garpu, dan pisau. Namun, hal ini akan membuat meja makan tampak penuh. Lebih baik simpan di dalam laci kitchen set dan cukup siapkan beberapa alat makan yang sering digunakan di atas meja. Gunakan tempat makan dengan model ramping dan memiliki tutup supaya alat makan tidak kotor.

 

Gunakan hiasan sederhana di meja makan ruang sempit

Agar tidak membosankan, kamu juga bisa menambahkan vas dengan rangkaian bunga cantik berwarna terang di tengah meja. Namun, cukup pilih satu hiasan saja di atas meja supaya tidak tampak berantakan.

Untuk menambahkan hiasan di meja makan ruang sempit, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Pilih hiasan yang sesuai

Pilihlah hiasan yang sesuai dengan tema ruangan dan meja makan. Hindari hiasan yang terlalu besar atau terlalu banyak, karena akan membuat meja makan terlihat penuh dan berantakan. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih hiasan yang lebih sederhana seperti vas bunga atau lilin.

Baca Juga:  Desain Rumah Type 72: Ruang Kecil, Kreativitas Besar

Pilih warna yang cerah

Pilih warna hiasan yang cerah dan sesuai dengan tema ruangan. Warna-warna cerah seperti merah, kuning, atau hijau dapat memberikan kesan yang segar dan ceria pada ruangan.

Pilih ukuran yang tepat

Pilih hiasan yang sesuai dengan ukuran meja makan. Hindari hiasan yang terlalu besar atau terlalu kecil, karena akan membuat meja makan terlihat tidak seimbang.

Pilih bahan yang mudah dibersihkan

Pilih hiasan yang mudah dibersihkan dan dirawat. Hindari hiasan yang sulit dibersihkan atau mudah rusak, karena akan membuat meja makan terlihat kotor dan tidak terawat.

Baca juga Rekomendasi Warna Meja Makan Minimalis yang Kekinian

Buat ruangan tetap terang

Saat menata meja makan di ruangan yang terbatas, pastikan area tersebut memiliki pencahayaan yang terang, baik dari lampu maupun pantulan cahaya dari jendela.

Untuk membuat ruangan tampak lebih luas dan terang, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Pilih warna cat dinding yang cerah

Warna cat dinding yang cerah seperti putih, krem, atau pastel dapat membantu memantulkan cahaya dan membuat ruangan terlihat lebih terang dan luas. Hindari menggunakan warna gelap karena akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Gunakan lampu yang tepat

Pilihlah lampu yang memiliki kekuatan cahaya yang cukup untuk menerangi seluruh ruangan. Kamu juga bisa mempertimbangkan lampu dengan desain yang menarik untuk menambahkan nilai estetika pada ruangan.

Gunakan tirai tipis

Tirai yang tipis dan transparan dapat membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan dan membuatnya terlihat lebih terang. Hindari menggunakan tirai yang tebal atau gelap karena akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Gunakan cermin

Cermin dapat membantu memantulkan cahaya dan membuat ruangan terlihat lebih terang dan luas. Kamu bisa memasang cermin di dinding atau di atas meja makan.

Baca Juga:  Model Rumah Klasik Modern Paling Populer 2023

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menata meja makan agar selalu terlihat rapi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.