Desain Rumah

Mau Menempati Rumah Siap Huni? Patikan Cek Beberapa Hal Berikut

Mau Menempati Rumah Siap Huni Patikan Cek Beberapa Hal Berikut

Jasa Arsitek Rumah – Menjelang kepindahan ke rumah baru, ada beberapa hal penting yang harus dipastikan agar tempat tinggal baru Anda siap digunakan dengan nyaman dan aman. Dari aspek kunci pintu hingga kelistrikan, periksa dengan teliti beberapa poin krusial berikut sebelum Anda menempati rumah:

 

1. Kunci dan Pintu

Kunci pintu adalah hal penting terkait keamanan rumah Anda. Pastikan tidak ada yang terlewat dari pemeriksaan ini. Setiap kunci harus diuji dengan cermat untuk memastikan fungsinya dengan baik. Sebuah kesalahan kecil pada kunci bisa menjadi masalah besar yang mengancam keamanan. 

Pengecekan tidak hanya sebatas pada fungsionalitas kunci, tetapi juga pada engsel pintu. Pastikan engsel terpasang dengan tepat dan kuat, karena mereka adalah penyangga utama keamanan pintu. Pemeriksaan menyeluruh pada kunci dan engsel pintu merupakan langkah pertama yang tak bisa diabaikan dalam memastikan integritas keamanan rumah Anda.

 

2. Permukaan Dinding

Inspeksi pada permukaan dinding adalah langkah penting untuk memastikan tidak hanya keindahan visual, tetapi juga kekuatan struktural rumah Anda. Lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin tersembunyi di balik lapisan plesteran. 

Cek dengan teliti adanya retak, lubang, atau ketidakrataan pada dinding, karena hal ini dapat menjadi tanda-tanda permasalahan struktural yang perlu segera diperbaiki. Penting untuk memeriksa dinding baik dari dalam maupun luar rumah, karena masalah pada dinding bisa berasal dari berbagai sumber seperti kelembaban atau perubahan suhu ekstrem. 

Melalui pemeriksaan menyeluruh ini, Anda dapat mengidentifikasi potensi masalah dini dan mencegah kerusakan yang lebih besar di masa mendatang, serta memastikan tampilan estetika rumah tetap prima.

 

3. Keadaan Lantai

Perhatikan lantai rumah. Pastikan tidak ada keramik yang pecah atau menonjol ke atas. Meskipun sulit terlihat, coba lempar bola golf sebagai cara kasar untuk memeriksa keadaan lantai.

Baca Juga:  Fasad Rumah Modern Tropis Keindahan yang Modern

 

4. Jendela Rumah

Pastikan jendela dapat dibuka dan ditutup dengan lancar tanpa suara aneh. Perhatikan penguncian jendela dan lapisan cat pada bingkainya untuk memastikan fungsionalitas dan penampilan yang baik.

 

5. Saluran Listrik

Pemeriksaan terhadap sistem listrik merupakan aspek krusial untuk keamanan rumah Anda. Pastikan semua komponen listrik berfungsi optimal untuk mencegah risiko kebakaran atau korsleting listrik. Langkah awal adalah memeriksa fungsi lampu-lampu di seluruh rumah, karena ini merupakan indikator utama kelayakan sistem listrik. Selain itu, perlu diperhatikan aliran listrik melalui stop-kontak. Gunakan perangkat elektronik seperti charger ponsel atau test-pen untuk menguji aliran listrik. Ini adalah cara praktis untuk memastikan stabilitas aliran listrik dalam ruangan.

Namun, penting untuk diingat bahwa pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan oleh profesional terlatih untuk memastikan keselamatan penuh. Selalu perhatikan tanda-tanda keanehan seperti bau hangus, stop-kontak yang panas, atau perangkat yang terasa ‘berdenyut’. Keselamatan adalah prioritas utama dalam memeriksa sistem listrik rumah Anda. Jika ada keraguan atau kekhawatiran terkait sistem listrik, segera konsultasikan dengan ahli listrik untuk penanganan lebih lanjut demi keselamatan Anda dan keluarga.

Baca juga Memilih Antara Rumah Satu Lantai atau Dua Lantai, Manakah yang Lebih Optimal?

6. Keran Air

Periksa sistem air dengan membuka semua keran. Pastikan aliran air lancar dan saluran pipa tidak tersumbat. Perhatikan kebocoran dan pastikan debit air mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap hal-hal di atas adalah langkah penting untuk memastikan kesiapan rumah baru Anda. Perhatikan setiap detailnya demi keamanan dan kenyamanan bagi Anda dan keluarga di rumah baru tersebut. Dengan memeriksa hal-hal tersebut, Anda dapat yakin bahwa rumah siap huni dan dapat dinikmati tanpa adanya masalah yang tak terduga.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.