Desain Rumah

Ciri Desain Rumah Minimalis Yang Bagus

Ciri Desain Rumah Minimalis

Ciri Desain Rumah Minimalis – Trend rumah minimalis memang menjadi salah satu desain yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Pasalnya desain satu ini terlihat simple, namun memiliki nilai seni yang tinggi untuk menghadirkan nuansa elegan. Jasa gambar rumah minimalis bahkan dapat merancang tipe bangunan ini dengan menghadirkan nilai fungsi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Mengulik Desain Minimalis Untuk Hunian

Minimalis merupakan salah satu prinsip arah desain yang bisa dihadirkan untuk membuat hunian yang nyaman. Prinsip ini bahkan lebih mengedepankan konsep kesederhanaan dengan memaksimalkan setiap fungsi yang akan dihadirkan. Prinsip minimalis ini bahkan banyak dilirik untuk diterapkan pada berbagai bangunan seperti rumah, gedung maupun perkantoran.

desain rumah minimalis
Ciri Desain Rumah Minimalis

Kehadiran trend desain minimalis pada abad ke-20 telah banyak menghapus berbagai komponen bangunan yang tidak perlu. Pasalnya, penerapan prinsip ini dalam sebuah desain bangunan hanya akan meninggalkan elemen penting untuk memaksimalkan nilai fungsi yang dihadirkan. Bentuk seni lekukan bangunan bahkan banyak dipangkas dan tergantikan oleh pemanfaatan furnitur sederhana.

Lazimnya, kelahiran trend desain ini banyak dipengaruhi oleh Gerakan Seni De Stijl, Ludwig Van Der Rohe dan desain tradisional Jepang. Gerakan Seni De Stijl merupakan artistik Belanda yang berkembang mulai dari 1917. Penamaan De Stijl yang dapat diartikan sebagai the style banyak dianut oleh para pelukis, desainer, pematung dan arsitek.

Gaya artistik tersebut menghadirkan nilai kesederhanaan dan abstraksi. Pasalnya, Gerakan ini telah mengurangi desain yang terlalu rumit dan mencolok. Perubahan yang dihadirkan oleh Gerakan ini bahkan mampu menghadirkan bentuk dan warna yang esensial. Penggunaan bentuk dalam prinsip ini hanya menggunakan garis horizontal, vertikal dan rectangular.

Kemudian, Ludwig Van Der Rohe merupakan seorang arsitek Jerman yang meletakkan desain dasar minimalis dalam merancang berbagai bangunan bersejarah. Arsitek ini bahkan termasuk seorang pelopor arsitektur modern untuk menghadirkan kesederhanaan dan kejelasan desain yang dihadirkan. Ludwig bahkan menggunakan bahan modern untuk merancang kerangka struktural.

Baca Juga:  Model Teras Rumah Pondasi Tinggi: Estetika dan Keamanan

Begitu pula, pelopor desain ini juga mengarah pada desain tradisional Jepang yang lebih mengedepankan pada hal yang dibutuhkan. Arsitektur yang dihadirkan dalam bangunan ini bahkan lebih mengutamakan penggunaan warna yang sedikit dan bentuk bangunan yang bersih dan ramping.

Pasalnya, penggunaan desain ini berasal dari budaya Jepang yang biasa dikenal dengan Zen dan kesederhanaan. Budaya ini bahkan sangat fokus terhadap aktivitas yang ada dengan cara mempertahankan nilai kesederhanaan. Anda bahkan dapat mengamati perlakuan makanan ketika disiapkan, disajikan dan bentuk makanan yang dihadirkan.

Mengetahui dasar penggunaan desain minimalis untuk hunian, jasa gambar rumah berusaha menerapkan prinsip penting yang berpegang teguh terhadap nilai kesederhanaan. Bentuk hunian yang telah disajikan dengan gaya ini bahkan sangat memperhatikan bentuk, warna dan tekstur yang akan digunakan.

Jasa Arsitek Gaya Minimalis

Sebagaimana gaya hunian yang lainnya, pembuatan hunian dengan gaya minimalis juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Nilai kesederhanaan yang dimunculkan harus mampu menampilkan setiap elemen sudut ruangan berdasarkan fungsi dan menghadirkan kesan estetik maupun elegan.

dinasti arsitek

Jasa ini bahkan sangat mempertimbangkan ukuran ruang untuk menghadirkan keseragaman yang menarik. Lazimnya, gaya ini termasuk salah satu jenis arsitektur modern dengan menghadirkan gambar yang simple dan spesifik sesuai konsep fungsional dan less is more. Desain ini juga sangat identik dengan bentuk geometris dan sedikit ornamen.

Menariknya, jasa gambar rumah minimalis dapat memberikan layanan profesional dengan menghadirkan beberapa ide kreatif yang bisa anda pilih. Ide tersebut bahkan dapat dikembangkan dengan cara menyesuaikan kebutuhan anda dalam membangun sebuah hunian. Jasa ini dapat menghadirkan jumlah ruangan tertentu untuk menunjang aktivitas anda.

Jasa ini biasanya akan menghadirkan desain sketsa atau draft visual yang bisa anda setuji maupun dikembangkan. Para arsitektur ini bahkan dapat memberikan nilai fungsional terhadap berbagai tata letak yang dihadirkan. Selain itu, anda juga bisa mengajukan saran dan perubahan untuk mendapatkan solusi terbaik dalam merancang rumah idaman.

Baca Juga:  Denah Rumah 7x5: Hunian Sempit dengan Tata Ruang Efisien

Tak hanya desain, jasa ini juga dapat mengkalkulasikan setiap anggaran yang dibutuhkan dalam membangun hunian tersebut. Anda bahkan dapat menyimak penyusunan rencana anggaran yang dibutuhkan untuk mendatangkan bahan material dan tenaga konstruksi untuk membangun hunian. Tentunya, anda tidak perlu khawatir karena semua telah dihadirkan secara rinci dan teratur.

Ciri Desain Rumah Minimalis Yang Bagus

1. Penggunaan Aksen Dekorasi
Desain rumah minimalis yang dihadirkan oleh jasa gambar rumah sangat berbeda dengan gaya desain rumah yang lainnya. Desain ini memiliki prinsip mendasar dan minimalis yang sangat sederhana. Anda bahkan dapat melihat bentuk bangunan eksterior dari desain ini dengan bentuk geometris. Misalnya saja bentuk horizontal, vertikal maupun rectangle.

Rumah yang dihadirkan dengan gaya minimalis menggunakan sedikit aksen untuk hiasan. Aksen tersebut bahkan terlihat sangat sederhana dan alami sehingga lebih elegan. Anda bahkan dapat melihat bangunan eksterior ini dengan penggunaan hiasan kayu, batu, metal maupun kaca. Desain ini juga menghindari aksen yang berat dan rumit seperti gaya klasik dan victoria.

2. Kondisi Desain Interior
Desain minimalis sangat mengedepankan nilai fungsi untuk memaksimalkan setiap lahan yang digunakan. Kondisi tersebut bahkan menghadirkan ciri khusus suasana terbuka yang dihadirkan dalam penyusunan desain interior. Lazimnya, jasa gambar rumah akan memberikan draft visual untuk menghadirkan kesan luas atau lapangan dan memaksimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan.

Kondisi tersebut bahkan biasa digambarkan dengan kehadiran jendela luas berbahan kaca yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat listrik ketika siang hari. Hal ini bahkan dapat menambah nilai fungsi untuk mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu lembab. Tentunya, desain interior dengan gaya ini dapat menjadi lebih ramah lingkungan dan sehat.

Baca Juga:  Mengenal Rumah Tipe 36, Model Rumah Idaman di Indonesia

Begitu pula, hunian dengan gaya ini juga lebih menekankan penggunaan pembatas untuk memisahkan ruangan. Desain yang dirancang untuk menghadirkan kesan luas tersebut biasanya mengubah pilar dengan penggunaan tirai dan furniture yang lebih estetik. Anda bahkan dapat merasakan ruangan yang menyenangkan dengan desain ini.

3. Penggunaan Material Bangunan Berkualitas
Jasa gambar rumah minimalis yang bagus tentu menggunakan material bangunan yang berkualitas dalam menyusun setiap pondasi rumah. Penggunaan tenaga profesional yang membantu pembangunan hunian tersebut juga sangat menentukan kekuatan pondasi agar tidak mudah rusak dan tahan lama.

4. Mengedepankan Warna Yang Selaras
Selain itu, gaya rumah minimalis yang bagus juga menghadirkan perpaduan warna yang selaras dan saling mendukung. Warna-warna yang digunakan biasanya sangat mendukung kesesuaian tema dan warna furniture yang digunakan. Lazimnya, beberapa warna vintage seperti abu-abu, coklat, krem, putih dan lainnya sering digunakan untuk bangunan minimalis.

Minimalis merupakan salah satu desain arsitektur gaya modern yang lebih mengedepankan kesederhanaan dan nilai fungsi. Tentunya, penggunaan jasa gambar rumah minimalis profesional dapat menghadirkan rumah yang bagus dan ideal. Rumah dengan ciri khas ini bahkan dapat dikenali dari penggunaan warna, desain eksterior dan interior.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.