Eksterior Desain Rumah

Fungsi Fasad Rumah dan Contoh Desainnya!

Fungsi Fasad Rumah

Fungsi Fasad Rumah – Fasad ialah eksterior bangunan sebagai bagian terluar dari sebuah rumah atau bangunan. Secara umum, yang diartikan sebagai fasad ialah bagian depan hunian.

Namun saat ini fasad dapat dikatakan sebagai sisi belakang atau samping bangunan. Yok lihat apa fungsi fasad rumah dan typenya berikut ini.

Fungsi Fasad Rumah dan Contoh Desainnya!

Bukan tanpa alasan kenapa rumah biasanya dibikin dengan fasad. Karena sisi eksterior itu mempunyai peranan tersendiri untuk suatu hunian. Hingga dalam tingkatan pembangunan rumah dari sisi arsitektur, sisi ini jadi komponen penting yang tidak boleh diacuhkan demikian saja. Adapun fungsinya yakni sebagai berikut.

  1. Memiliki Nilai Estetik dan Komersil

Tidak dapat dipungkiri jika fungsi fasad rumah menjadi sisi hunian yang akan pertama kali diperhatikan saat anda lewat di depan bangunan itu. Hingga penilaian akan muka bangunan ini akan mencerminkan tanda-tanda khasnya. Tidak heran jika fasad juga ambil peran dalam memberi nilai komersial untuk rumah itu.

Jadi saat seseorang akan jual rumah, sering calon pembeli akan melihat pada fasadnya lebih dulu. Ini bukanlah cuma berlaku untuk bangunan rumah saja, tetapi juga apartemen, gedung perkantoran, hotel, atau fasilitas fasilitas publik lainnya.

Maka benar-benar beralasan jika banyak yang menganggap jika fasad bisa membawa dampak yang signifikan untuk suatu bangunan.

  1. Mengikuti Gaya Arsitektur

Fungsi fasad rumah berikutnya yakni ikuti atau menunjukkan gaya suatu arsitektur. Bagian ini akan menunjukkan identitas dari arsitektur satu bangunan.

Karena dijadikan sebagai point of interest, fungsi fasad rumah sebagai elemen estetis bangunan sering menggambarkan identitas kreasi arsitektur lewat desain fasad. Bahkan bagian tersebut sanggup mempresentasikan kekhasan dari arsitekturnya.

  1. Fasad Jadi Objek Pertama yang Diperhatikan Orang
Baca Juga:  Rumah 2 Lt Modern: Hunian Impian di Era Kontemporer

Fungsi fasad rumah sebagai penampilan depan sebuah rumah, jadi sangat wajar jika sisi ini jadi objek pertama yang akan jadi perhatian orang di luar bangunan. Bahkan berawal dari fungsi fasad rumah , umumnya seseorang dapat memunculkan beragam perspektif akan desain satu bangunan.

Saat ingin memberitahukan letak satu bangunan tertentu, beberapa orang juga sering menjadikan fasad ini sebagai dasar untuk memberikan gambaran pada orang lain. Ingat jika fasad sebagai elemen pertama rumah yang bisa ditangkap secara visual. Sehingga menjadikannya sebagai dasar akan lebih mudah.

Tipe – Tipe Model Fasad Rumah

  1. Fasad Rumah Minimalis

Fungsi Fasad Rumah

Gaya rumah konsep minimalis memang sedang jadi tren di kalangan masyarakat indonesia . Jadi jangan heran jika fasad tipe minimalis juga digemari sebagai pelengkap hunian yang mengusung konsep desain itu. Fasad bertipe seperti ini memiliki kesan-kesan yang bersih dengan tidak terdapat tambahan dekorasi pemanis lain.

Bentuknya memang cenderung simpel karena tidak ada banyak tambahan pemanis. Tetapi itulah yang membuat banyak orang jadi tertarik dengan model fasad ini.

Karena desainnya yang simpel justru membuat tampilan depan rumah tampak lebih elegan. Biasanya color palette yang paling banyak dipakai ialah warna monokrom seperti putih, hitam, dan abu abu.

  1. Fasad Rumah Skandinavia

Fasad rumah skandinavia dapat dijadikan sebagai pertimbangan selain fasad minimalis. Desain ini mengusung gaya arsitektur minimalistik modern yang umumnya didominasi oleh warna putih. Fasad dengan desain ini usaha menunjukkan sisi praktisnya tanpa menggunakan ornamen yang berlebihan.

Selainnya warna putih, unsur hijau dari pohon atau tumbuhan lain kerap digunakan dalam fasad bertipe skandinavia. Sehingga hunian pun jadi tampak lebih segar dan sejuk saat diperhatikan di luar. Fasad seperti ini terbaik jika dipadukan dengan wujud atap yang datar.

  1. Fasad Rumah Klasik
Baca Juga:  Desain Rumah Ukuran 5×7 Menghadirkan Kreativitas

Fungsi Fasad Rumah

Desain classic memanglah tidak pernah mati dan sering jadi favorite untuk banyak orang, terhitung soal fasad. Desainnya yang classic bahkan juga membuat rumah berkesan istimewa dengan wujud yang simetris pada sisi kanan dan kirinya. Desain ini berbanding terbalik dengan type fasad minimalis.

Karena desainnya cenderung rumit, baik pada jendela, pintu, atau atapnya. Dimana ada beragam detil yang unik pada tiap segi rumah yang dapat anda temukan pada desain ini. Bahkan fasad klasik mengatur tiap peranan hunian dengan proporsional dan mendetail.

  1. Fasad Rumah Kontemporer

Terakhir, gaya desain kontemporer sedang naik daun di seluruh dunia. Adapun bentuk fasad kontemporer memiliki kesan-kesan yang nyaris mirip dengan fasad rumah minimalis modern. Akan tetapi untuk desain satu ini cenderung lebih menonjolkan desain dan bentuknya yang kreatif dan variatif.

Banyak yang menunjukkan bentuk bentuk geometri yang bervariasi dengan aplikasi warna netral yang bersih. Seiring perubahan jaman, gaya kontemporer juga terus beradaptasi. Tetapi gaya ini masih tetap sangat mudah untuk dikenal karena desainnya yang dibikin fungsional dan praktis.

  1. Fasad Rumah Eropa

Fungsi Fasad Rumah

Rumah gaya Eropa umumnya memiliki ciri khas gaya tertentu, baik di bagian interior atau eksteriornya. Pada bagian eksterior, anda dapat menyaksikan pada fasad bangunan.

Dimana fasad bangunan dibikin seimbang, tampak tinggi, megah, dan mempunyai atap yang terjal. Karena atapnya yang tinggi, rumah bergaya Eropa sanggup memberi penampilan yang unik dan tidak kelihatan memiliki dua lantai.

  1. Fasad Rumah Ala Jepang

Tidak cuma fasad rumah Eropa saja yang terkenal dan memiliki banyak fans, tetapi fasad ala Jepang banyak juga disukai oleh masyarakat.

Yang mana fasadnya nyaris seperti podium modern dan bisa dipakai untuk terima tamu dan bersantai. Karena kepraktisan dan fungsionalitasnya inilah banyak yang tertarik membuat hunian dengan fasad ala Jepang.

  1. Fasad Rumah Mediterania
Baca Juga:  Contoh Rumah Minimalis 2 Lantai: Desain Modern Stylish

Fungsi Fasad Rumah

Ide fasad selanjutnya adalah desain fasad rumah mediterania. Membuat fasad rumah ini mempunyai air mancur ditengah dan banyak tanaman bunga dan rumah mewah mediterania ini dikombinasi cat warna krem.

Jadi, fungsi fasad rumah seperti apa yang anda harapkan untuk hunian anda? Jika masih bingung dalam memilih, anda dapat berkonsultasi lebih dulu dengan arsitek atau kontraktor.

Akan lebih bagus jika disamakan dengan gaya yang diusung untuk hunian. Sehingga rumah akan memiliki desain yang imbang untuk tiap seginya. Membuat tampilannya menarik saat diperhatikan di luar.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.