Desain Rumah Interior Tips Rumah

Jenis Konsep interior yang Wajib Kamu Ketahui!

Jenis Konsep interior

Jenis Konsep interior – Desain interior pada dasarnya terkait dengan hal merencanakan, menata dan merancang ruang-ruang interior didalam sebuah bangunan agar menjadi sebuah tatanan fisik untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam hal penyediaan sarana bernaung dan berlindung.

Desain interior juga akan mempengaruhi pandangan dan pencitraan terkait dengan suasana hati dan kepribadian manusia. Pengertian dari desain interior ialah  merencanakan,menata dan merancang ruang- ruang interior dalam bangunan.

Tujuan Desain interior adalah :

  1. Memperbaiki fungsi
  2. Memperkaya nilai estetika
  3. Meningkatkan aspek psikologis sebuah ruangan

Jenis Konsep interior yang Wajib Kamu Ketahui!

Pada dasarnya seluruh konsep desain interior yang dibahas berjalan bebarengan dengan konsep tata bangunan (arsitektur) konsep adalah representasi mental yang menggunakan otak untuk menunjukkan klasifikasi terhadap berbagai hal didunia ini.

Konsep adalah representasi mental yang memungkinkan seseorang menarik kesimpulan yang tepat tentang jenis entitas yang dijumpai pada kehidupan sehari hari. Konsep yang diperlukan pada proses kognitif, seperti kategorisasi, memori, pengambilan keputusan, belajar, dan inferensi.

 

1. Konsep rustik

Jenis Konsep interior

Konsep rustik adalah gaya desain interior pedesaan yang menggambarkan berbagai variasinya dengan penekanan pada alam dan unsur natural, desain rustik adalah desain yang membawa suasana alam ke dalam ruangan.

Ciri konsep rustik ini menggunakan bahan-bahan alam seperti kayu, bambu, ataupun bebatuan. Desain rustik sendiri memiliki kelebihan yaitu meminimakan penggunaan bahan finishing sehingga sangat mengandalkan kualitas material produknya.

Ada kelebihan pasti ada kekurangan, kekurangan konsep rustik ini terletak pada proses pemilihan meterial, sehingga ketika pemilihan kayu yang muda atau batu yang jelek akan ikut berdampak pada tampilan ruangan yang tidak baik.

2.  Konsep Klasik

Konsep Klasik adalah gaya desain interior klasik yang berasal dari gaya romawi dan yunani yang berbasis pada sususnan, keseimbangan dan harmonisasi yang sempurna. gaya romawi dan yunani  yang berbasis pada sususnan, keseimbangan dan harmonisasi yang sempurna menjadikan ciri dari konsep klasik.

Dengan menggunakan konsep klasik pada hunian dapat menghasilkan tampilan produk yang elegan dan menawan. Namun, dengan penggunaan material yang lebih banyak (boros bahan), kurang efisien pada saat pengerjaan karena waktu pemrosesan lebih lama.

3. Konsep Modern Minimalis

Jenis Konsep interior

Konsep Modern Minimalis ialah gaya desain interior yang mengutamakan fungsi dan efektifitas sebuah ruangan dan perabot, sehingga tercipta sebuah ruangan yang minimalis dan fungsional.

Konsep modern minimalis ini lebih mengutamakan fungsi dan efektivitas penggunaan sebuah ruangan dan perabot sehingga berdampak pada desainnya yang hampir tidak menggunakan ornamen hiasan (kaku). Kelebihan dari konsep rumah ini terletak pada kecepatan pemprosesan bahan dan kemudahan penggunaan material.

Tetapi desain ini memiliki kekurangan yang  terletak pada kualitas pekerjaannya apabila kurang menguasai teknik finishing akhir yang baik produk akan terlihat tidak presisi dan kasar.

4. Konsep futuristik

Gaya desain interior dengan Konsep yang didasarkan pada imajinasi dan pemahaman desainer tentang sebuah ruangan dan objek-objek masa depan (future). Gaya ini mempunyai ciri dengan penggunaan bahan-bahan logam/ kombinasi dan model yang biasa digunakan untuk pesawat ulang-alik.

Kelebihannya sendiri terletak pada desain yang bersifat iconic ( penanda) yang berbeda dengan lingkungan sekitarnya karena bentukknya yang lain daripada yang lain.

5) Konsep ekletik/ combo

Jenis Konsep interior

Konsep ekletik adalah gaya desain interior dengan konsep yang mengombinasikan dua atau lebih gaya penataan interior.

Keunikan konsep ini yaitu terletak pada penggabungan dua tau lebih gaya penataan interior akan tetapi dalam penataannya dikelompokkan berdasarkan kesamaan gaya desain. kelebihan elektik konsep ini ruangan akan terlihat lebih formal, tidak kaku dan lebih dinamis.