Eksterior Desain Rumah Interior

Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Model Dak Teras Rumah

Dinastiarsitek.co.id – Model Dak Teras Rumah– Dak teras menjadi salah satu elemen penting dalam membangun rumah. Hal ini karena dak akan berfungsi sebagai penutup bagian atas teras. Seperti yang kita ketahui, dak merupakan konstruksi yang berada pada bagian teratas bangunan.

Umumnya pembuatan dak menggunakan bahan beton. Kira-kira apa ya fungsi dari dak teras rumah minimalis modern? Mari kita baca ulasan di bawah ini.

Fungsi Dak Teras Rumah

Sebelum mengetahui model dak teras rumah minimalis modern, yok pastikan kamu mengetahui dulu apa fungsi dak. Cek informasi secara lengkap mengenai dak teras rumah di sini ya Kamu!

  • Untuk menahan berat dan beban bangunan
  • Melindungi bagian bawah rumah
  • Membatasi lantai bawah dan atas
  • Alas untuk lantai dua rumah
  • Berfungsi jadi atap tambahan

Sehabis kamu memahami apa fungsi dak rumah, berikut ini ada beberapa model dak teras rumah minimalis modern yang dapat kamu menjadikan referensi.

Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Dak Rumah Sederhana

Model Dak Teras Rumah

Ini adalah model dak rumah minimalis modern pertama Kamu. Bentuknya simpel dan menyatu dengan pilar rumah. Selain itu ada pula beberapa dak di atas jendela rumah dan area garasi kecil.

Ini bisa menjadi ide untuk kamu yang mempunyai struktur bangunan rumah tidak akurat seperti di atas. Kamu dapat melihat atap rumah terpisah antara bagian tengah dan di sebelahnya.

Model Dak Memanjang

Model dak rumah kedua cenderung memanjang ke depan. Selain itu sisi ujung dak ditopang oleh tiang atau pilar yang tutupi bagian teras.

Dak seperti ini bisa menjadi pilihan jika kamu memiliki area teras kecil dan cenderung luas tanah yang memanjang di depan. Pilar di rumah di atas unik karena menyatu dengan pagar rumah sehingga fungsinya menjadi ganda dan efisien ya Kamu.

Baca Juga:  Konsep Rumah Mezzanine, Solusi Hunian Minimalis!

Menyesuaikan Luas Rumah

Model Dak Teras Rumah

Selanjutnya ada dak rumah seperti gambar di atas. Jika kamu melihat ada sisi dak yang berada di atas pintu rumah dan dak di atas garasi. Ini tentu menyesuaikan dengan bentuk bangunan ya Kamu. Melihat ukuran bangunan rumah di atas luas, maka ukuran dak akan mengikuti area rumah.

Dak Rumah Tingkat Dua

Ini adalah contoh lain dari dak dengan rumah tingkat dua. Kamu dapat melihat ada dua lapis dak ya Kamu. Lapisan dak pertama memanjang di area atas lantai satu, sementara lapisan kedua jadi alas untuk lantai dua.

Dak Rumah Bersusun

Model Dak Teras Rumah

Dak selanjutnya yang bisa menjadi contoh adalah seperti gambar di atas Kamu. Di bagian depan ada dua lapis dak yang tersusun. Ini karena sisi atap rumah menyengaja dibuat lebih tinggi supaya ada area untuk ventilasi udara.

Model Dak Unbalance

Kamu berikutnya ada dak yang menyatu dengan pilar rumah. Ini bisa menjadi contoh dak rumah yang berkonsep minimalis dengan konsep unbalance atau tidak seimbang. Tetapi di bagian atasnya ada lapisan dak yang sekaligus berfungsi sebagai atap.

Dak Rumah Garasi

Model Dak Teras Rumah

Berikutnya ada bentuk dak rumah yang memanjang ke samping sehingga jadi atap untuk garasi rumah. Ini dapat menjadi salah satu referensi untuk kamu yang ingin mengoptimalkan dak jadi atap untuk beberapa tempat di rumah Kamu.

Model Dak Ramping

Model Dak Teras Rumah

Terakhir ada model dak seperti ini Kamu. Jika kamu lihat pilar rumah berukuran simpel dan sedikit ramping. Fungsi dak di rumah itu memiliki dua manfaat, pertama sebagai pelindung lantai bawah. Kedua jadi alas untuk bagian atap rumah yang memanjang ke atas.

Baca Juga:  Contoh Rumah Tanpa Atap: Inovasi Arsitektur Masa Depan

Nah, itulah informasi mengenai dak rumah minimalis dan beragam inspirasinya. Semoga penjelasannya berguna ya Kamu!

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.