Desain Rumah Eksterior Interior

10 Model Rumah Sederhana Tapi Indah Terbaru

10 Model Rumah Sederhana

10 Model Rumah Sederhana – Rumah sederhana adalah pilihan populer bagi banyak orang karena mereka biasanya lebih terjangkau, mudah dipelihara, dan memberikan nuansa kehangatan dan kenyamanan.

Meskipun rumah sederhana cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil dan desain yang lebih sederhana, tetapi Anda masih bisa membuatnya terlihat menarik dan nyaman untuk ditinggali.

Untuk itu, penting untuk memiliki model gambar yang tepat untuk memandu Anda dalam membangun rumah sederhana impian Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang model rumah sederhana dan bagaimana memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Rumah ialah salah satu kebutuhan primer dari manusia. Wajar jika harga rumah terus melambung dari masa ke masa. Akan tetapi Anda tak perlu cemas, membeli desain rumah sederhana dapat menjadi keputusan terbaik.

Untuk Anda yg mempunyai budget terbatas, pada artikel ini kami akan memperkenalkan 10 model rumah sederhana yang dapat menjadi opsi membangun atau membeli hunian sekaligus tempat beristirahat.

10 Model Rumah Sederhana Tapi Indah Terbaru

  1. Model Rumah Sederhana Tipe 21

10 Model Rumah Sederhana

Di Indonesia, para desainer cenderung membedakan jenis rumah yang mereka bangun dan kemudian dipasarkan dengan nama berdasarkan luas bangunan.

Salah satunya ialah model rumah sederhana tipe 21, yang mempunyai luas bangunan 21 m². Panjang dan lebar bangunannya bisa beragam, contohnya ukuran 6 meter x 3,5 meter yang menjadi bangunan seluas 21 m².

Model rumah sederhana tipe 21 biasanya terdiri dari 1 kamar tidur yang bisa dipakai 2 orang, sebuah ruang tamu yang langsung terhubung dengan dapur, serta sebuah kamar mandi.

Rumah ini cocok untuk para pasture baru yang belum mempunyai anak. Jangan lupa, agar rumah terlihat lapang, gunakan furnitur yang modelnya minimalis, seperti meja TV, rak display, coffee table, dan sofa minimalis.

  1. Model Rumah Sederhana Tipe 36

 

Masih menerapkan prinsip yang sama dengan model rumah sederhana tipe 21, model rumah sederhana tipe 36 mempunyai luas bangunan 36 m².

Baca Juga:  Desain Rumah 5×7: Solusi Cerdas untuk Ruang Terbatas

Perbedaannya dengan tipe 21 ialah rumah ini mempunyai 2 ruang tidur dan ruang tamu yang lebih luas. Di Indonesia, rumah tipe 36-lah yang paling umum berada di kawasan perumahan.

  1. Model Rumah Sederhana Tipe 45

Model rumah sederhana yang mempunyai luas bangunan 45 m² cocok untuk dihuni keluarga kecil yang mempunyai satu atau dua orang anak. Desain rumah sederhana tipe 45 mempunyai teras depan rumah yang bisa dijadikan garasi satu unit mobil dan taman kecil di halaman belakang.

Antara ruang keluarga dan ruang makan ditempatkan terpisah. Umumnya, ada desain dapur kecil yang terletak di bagian belakang rumah. Ada juga variasi rumah tipe 45 dengan 3 kamar tidur tanpa halaman belakang.

  1. Model Rumah Sederhana Tipe 54

Tipe 54 ialah model rumah sederhana kelas menengah yang unggul dari segi luas bangunan. Model rumah sederhana tipe 54 umumnya dibangun dua lantai, yang dimana terdapat dua kamar tidur pada lantai dasar dan satu kamar tidur pada bagian lantai atas, serta ekstra ruang tamu di lantai dua.

Terlepas dari bangunan yang luas, harga dari model rumah sederhana ini tergolong terjangkau.

  1. Model Rumah Sederhana Tipe 60

10 Model Rumah Sederhana

Bagi Anda yang mencari rumah yang memiliki kesan elegan namun harga masih terjangkau, model rumah sederhana tipe 60 adalah jawabannya.

Bangunan seluas 60 m² yang terdiri dari 2 lantai ini sedikit lebih luas dari model rumah sederhana tipe 54, dengan fasilitas 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi serta teras pada bagian belakang rumah yang lebih luas.

  1. Model Rumah Sederhana Tipe 120

Sederhana dan mewah, model rumah sederhana tipe 120 memberikan semua kebutuhan ruangan yang Anda butuhkan. Secara umum, rumah ini dibangun dan mempunyai 3 sampai 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruangan dapur tersendiri, ruang makan, beranda belakang, dan carport yang dapat menampung dua mobil sekaligus.

  1. Model Rumah Sederhana Tipe Modular
Baca Juga:  Inspirasi Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis yang Elegan!

10 Model Rumah Sederhana

Saat ini tengah populer rumah dengan bentuk persegi panjang berukuran kecil yang bisa dibangun hanya dalam waktu kurang lebih 3 bulan.

Tipe rumah ini disebut dengan rumah modular. Rumah ini unggul dari sisi fleksibilitas desain dan pilihan material, ditambah lagi dengan daya tahan yang mencapai waktu paling sedikit 60 tahun.

Untuk menambah kesan lebih homey dengan model hunian ini, Anda dapat menambahkan beberapa furnitur pelengkapnya pada area ruang tamu, seperti meja tamu, kursi panjang atau sofa, dan aksesoris lainnya.

Harga model rumah sederhana tipe modular juga sangatlah terjangka. Namun, prefabrikasi beberapa bagian dari rumah ini mempunyai kendala pada sisi pengiriman.

  1. Rumah Kontainer,Solusi Rumah Murah Tetap Bergaya

Dalam dunia arsitektur, rumah yang dibangun memakai kontainer disebut dengan cargotecture, mempunyai desain elegan dan fleksibilitas serta ekonomis.

Memakai bahan-bahan daur ulang, desain rumah kontainer sangat ramah lingkungan. Waktu pembangunan rumah container juga tergolong cepat dan ukuran serta jumlah ruangan bisa dibangun sesuai kebutuhan.

  1. Menggunakan Trailer Sebagai Hunian

10 Model Rumah Sederhana

Jika Anda suka menonton film-film Hollywood, Anda pasti pernah melihat mobil trailer yang bagian belakangnya terdapat kabin kecil yang dijadikan rumah lengkap dengan tempat tidur, dapur, dan kamar mandi.

Rumah trailer merupakan bangunan temporer yang bisa dipindah-pindahkan dengan kendaraan berat. Sangat cocok untuk Anda yang suka berpetualangan dan mempunyai budget terbatas.

  1. Model Rumah Sederhana Conch House

Conch House sangatlah populer di Amerika Serikat. Rumah ini dibangun dengan material kayu, berbentuk persegi, yang umumny a mempunyai 2 lantai.

Yang jadi keunikan hunian ini ialah lantai rumah yang tak menyentuh tanah, seperti beberapa rumah adat di Indonesia. Dijamin cuaca di dalam rumah tidak akan panas sebab terdapat sirkulasi udara di bagian bawah lantai rumah.

Tips Model Rumah Sederhana yang Elegan

  • Pertimbangkan Ruang Terbuka
    Salah satu karakteristik utama dari model rumah sederhana adalah penggunaan ruang terbuka yang cerdas. Cobalah untuk mengintegrasikan ruang terbuka seperti teras, taman, atau halaman ke dalam desain rumah Anda. Ruang terbuka ini tidak hanya menambah sentuhan keindahan alam, tetapi juga menciptakan kesan luas dan udara segar.
  • Desain Minimalis yang Elegan
    Penting untuk menjaga desain rumah sederhana Anda tetap minimalis. Pilih furnitur yang fungsional dan estetis. Penerapan warna netral seperti putih, abu-abu, atau beige dapat memberikan kesan bersih dan elegan. Minimalisme adalah kunci untuk menciptakan model rumah sederhana yang indah.
  • Penggunaan Cahaya Alami
    Salah satu elemen penting dalam mendesain rumah sederhana adalah penggunaan cahaya alami. Buatlah jendela-jendela besar yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah Anda. Ini tidak hanya menghemat energi tetapi juga menciptakan suasana hangat dan nyaman.
  • Material Alami
    Pilih material alami seperti kayu, batu, atau bambu untuk bagian eksterior dan interior rumah Anda. Material-material ini memberikan tampilan alami yang cocok dengan konsep rumah sederhana. Mereka juga tahan lama dan mudah dirawat.
  • Fungsionalitas yang Prima
    Model rumah sederhana seringkali mencerminkan prinsip fungsionalitas. Pertimbangkan kebutuhan sehari-hari Anda dalam desain rumah Anda. Ruang penyimpanan yang cerdas, dapur yang efisien, dan kamar mandi yang nyaman adalah aspek penting dari rumah sederhana yang fungsional.
  • Keharmonisan Dengan Alam
    Rumah sederhana yang indah adalah yang harmonis dengan alam sekitarnya. Pertimbangkan lanskap dan lingkungan di sekitar rumah Anda dalam desain. Anda dapat menambahkan elemen-elemen seperti taman yang memadukan keindahan alam dengan model rumah Anda.
  • Sentuhan Pribadi
    Akhirnya, jangan lupa untuk menambahkan sentuhan pribadi ke dalam desain rumah sederhana Anda. Foto keluarga, lukisan, atau dekorasi khusus dapat memberikan karakter yang unik pada rumah Anda.
Baca Juga:  Model Pagar Tembok Unik Cocok Untuk Rumah Mewah

Itulah beberapa tipe model rumah sederhana yang sudah dirangkum oleh kami, mana nih desain rumah impianmu? Jangan lupa cek artikel menarik lainnya dari Dinasti arsitek, ya!

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.