Eksterior Interior

7 Model Teras Rumah Panjang, Buat Apapun Jadi Gampang

Model Teras Rumah Panjang

Dinastiarsitek.co.id Model Teras Rumah Panjang– Pada tiap rumah, teras sebagai ruangan yang menyambungkan bagian eksterior dengan interior. Umumnya, teras dipakai sebagai ruangan duduk untuk menerima tamu sebelum masuk ke dalam rumah.

Tetapi pada penerapannya, teras bisa juga digunakan sebagai taman, tempat bermain, bahkan tempat menjemur baju. Selain itu, teras bisa juga dibangun di sisi samping atau belakang untuk memberi tampilan lebih menarik pada hunian.

Nah, untuk Anda yang membangun rumah dan mencari model teras rumah panjang, yok baca artikel ini untuk mendapatkan 7 inspirasinya seperti berikut.

7 Model Teras Rumah Panjang, Buat Apapun Jadi Gampang

1. Model Teras Rumah Panjang ke Samping

Model Teras Rumah Panjang

Salah satu cara mengakali lahan lebih di rumah dengan membuat teras. Desain teras rumah panjang ke samping seperti ini bisa saja opsi untuk dibikin taman yang bisa digunakan sebagai tempat olahraga atau menjemur baju.

Tipe teras semacam ini benar-benar pas untuk pemilik hunian yang tidak mau kegiatannya terlalu terekspos dari depan.

2. Model Teras Belakang Lantai Kayu

Untuk tempat tinggal dengan halaman belakang yang luas, membuat teras dengan lantai kayu jadi pilihan yang tepat. Dudukan sejauh tembok dapat dimanfaatkan sebagai ruang santai atau tempat memasak outdoor yang menyenangkan bersama keluarga.

Tetapi perlu dicatat, model teras ini akan lebih baik diterapkan bila pondasi rumah dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah.

3. Model Teras Rumah Panjang dengan Kolam

Model Teras Rumah Panjang

Membuat kolam ikan menjadi ide model teras rumah panjang seterusnya. Ada cara-cara untuk menciptakannya. Pertama, Anda dapat membuat kolam kecil di salah satunya segi kiri atau kanan teras.

Kedua, taruh kolam di sekeliling jalan setapak untuk tampilan lebih unik. Dengan begitu, hunian berasa lebih segar dan ada hiburan tertentu.

Baca Juga:  Desain Rumah Leter L Minimalis yang Elegan

4. Desain Teras Rumah Panjang Terbuka

Model teras rumah panjang paling sederhana ini bisa dengan mudah dikreasikan untuk aneka keperluan. Cukup ditanami rumput, Anda dapat menata tanaman kesayangan dan menyulapnya jadi kebun pribadi. Alternatif lain, ganti dengan rumput sintetis lalu letakkan perosotan kecil menjadi ruang bermain anak.

5. Desain Teras Rumah Panjang dengan Gazebo

Model Teras Rumah Panjang

Bagian kosong pada teras tidak harus selalu dipenuhi oleh tanaman. Bila lahan teras cukup luas, coba tempatkan gazebo kecil pada bagian depan.

Nantinya Anda dan keluarga dapat memanfaatkannya untuk bersantai sore atau acara makan bersama. Meletakkan gazebo di teras dapat juga jadi solusi untuk pemilik rumah yang jaga privasi dan tak mau tamu kurang dekat masuk rumah.

6. Desain Teras Rumah Panjang dengan Kanopi

Teras yang terbuka kemungkinan menyulitkan saat hujan karena membuat tampias masuk ke rumah. Tangani permasalahan itu dengan memasang kanopi pada teras agar lebih teduh. Anda dapat memilih kanopi dengan tipe baja ringan dengan atap terbuka agar penerangan alami masuk dengan maksimal.

7. Desain Teras Rumah Panjang Tertutup

Model Teras Rumah Panjang

Jika kanopi tidak cukup, Anda dapat menutup segi samping teras dengan kaca untuk membuat ruangan baru. Kemudian mengatur interiornya dengan memasangkan roller blind, meletakan sofa dan rak buku. Voila! Kini Anda punyai ruang baca atau kerja baru yang terlihat estetis dari luar.

Begitu beberapa ide teras rumah panjang dan modern dan minimalis. Berapapun luas teras Anda, jika diatur dengan baik maka terlihat cantik dan nyaman dipakai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.