Tips Rumah

7 Cara Menghilangkan Kutu Beras Dengan Mudah dan Efektif

7 Cara Menghilangkan Kutu Beras Dengan Mudah dan Efektif

7 Cara Menghilangkan Kutu Beras – Apakah masih ada banyak beras di rumah Anda? Anda harus lebih berhati-hati karena menyimpan beras di rumah dalam jangka waktu yang lama dapat mengundang kutu beras untuk bersarang di sana.

Jika kutu beras sudah bersarang di sikat, anda harus bisa membasmi kutu tersebut agar persediaan beras Anda tetap layak untuk dikonsumsi. Disini kami akan membagikan 7 cara menghilangkan kutu beras yang bisa anda lakukan di rumah. Penasaran yuk langsung saja kita simak cara menghilangkan kutu beras berikut cara

7 Cara Menghilangkan Kutu Beras Dengan Mudah dan Efektif

1. Menghilangkan Kutu Beras Di Bawah Sinar Matahari
Cara menghilangkan kutu beras yang pertama yang bisa dilakukan adalah mengeringkan padi yang penuh kutu di bawah sinar matahari langsung. Perlu Anda ketahui tentang kutu beras, membenci suhu panas, sehingga Anda perlu cara untuk menghilangkan kutu beras tersebut.

Kutu akan hilang dan membuat beras Anda bersih kembali. Pengaplikasian cara menghilangkan kutu beras ini juga sangat mudah, karena Anda hanya perlu meletakkannya di atas nampan kemudian dijemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Kalau masih coba di jemur lagi untuk beberapa waktu

2. Membekukan Beras Selama Satu Minggu
Selain tidak suka suhu panas, kutu beras juga tidak bisa bertahan di suhu dingin. Anda bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras dengan cara menaruhnya di wadah penyimpanan seperti mangkuk besar kemudian dibekukan di dalam freezer.

Selama kurang lebih seminggu atau sampai kutunya benar-benar hilang. Cara menghilangkan kutu beras ini juga sangat efektif untuk menghilangkan telur kutu.

3. Tutup Wadah Nasi Dengan Kain Basah
Cara menghilangkan kutu beras lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan kain basah karena kutu beras juga tidak menyukai daerah yang terlalu lembab.

Baca Juga:  Anti Pengap, Berikut 6 Model Jendela Dapur Minimalis Untukmu

Jadi wadah penyimpanan beras bisa ditutup dengan kain yang sudah direndam air selama kurang lebih 30 menit .  Jika kutu beras sudah hilang bisa langsung diolah menjadi nasi.

4. Menghilangkan Kutu Beras Dengan Daun Salam
Anda juga bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras dengan menggunakan bumbu dapur. Yang sangat mudah ditemukan yaitu daun saffron. Daun salam ini memiliki bau yang kuat seperti nasi, kutu benci dengan begitu.

Anda bisa memasukkan beberapa lembar daun salam kering ke dalam wadah penyimpanan nasi agar serangga ini bisa hilang dengan sendirinya.

5. Menghilangkan Kutu Beras Dengan Kulit Kayu Manis
Selain daun salam anda juga bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras dengan menggunakan kulit kayu manis yang efektif untuk mengusir kutu beras saja, tapi juga untuk menyingkirkan semut.

6.Menghilangkan Kutu Beras Dengan Cabai Merah Kering
Anda memiliki stok cabai merah yang mulai mengering, jangan buru-buru membuangnya. Anda bisa melakukan cara dengan menggunakan bumbu dapur ini.

Caranya sangat sederhana silah dan masukkan beberapa cabai kering ke dalam tempat penyimpanan beras. Kemudian tunggu semalaman sampai kutu beras hilang. Cara menghilangkan kutu beras ini dinilai cukup efektif.

7. Menghilangkan Kutu Beras Dengan Daun Jeruk
Bagaimana cara menghilangkan kutu beras? Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan daun jeruk, selain digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan. Aroma daun jeruk yang kuat juga bisa digunakan untuk mengusir kutu beras.

Oleh karena itu, harap masukkan beberapa jeruk nipis, daun ke dalam penyimpanan beras dan tunggu beberapa jam hingga kutu keluar.

Sebaiknya simpan beras dengan hati-hati dengan meletakkannya di tempat yang sejuk dengan suhu di bawah 27. Jangan lupa juga pindahkan beras dari karung bawaan ke dalam wadah penyimpanan beras dan tutup rapat agar kutu tidak masuk.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.