Desain Rumah Eksterior Interior

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar, Cocok Untuk Lahan Sempit!

Denah Rumah Minimalis

Denah Rumah Minimalis – Tren minimalis pada desain interior hingga tren gaya hidup minimalis ala Marie Kondo membuat banyak orang kian suka menerapkan konsep minimalis.

Jika Anda berencana menerapkan konsep sama pada hunian, mulailah dari denah rumah minimalis. Tata ruang sederhana akan memudahkan Anda dalam memilih dan atur perabotan sedari awal.

Tetapi, dapatkah konsep ini diterapkan untuk hunian dengan tiga kamar tidur tanpa perlu membangunnya secara tingkat? Bisa saja!

Tantangan utama saat merancang rumah seperti ini ialah penataan ruangannya. Rumah tak boleh berasa penuh dan memiliki penyekat yang berlebih. Jika sedang mencari ide untuk denah rumah minimalis seperti ini, Anda dapat cari inspirasi dari berbagai denah ini.

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar, Cocok Untuk Lahan Sempit!

Denah rumah minimalis dengan ruang parkir untuk dua mobil

Denah Rumah Minimalis

Pemanfaatan ruangan tanpa perlu menghabisi seluruh lahan dapat Anda gunakan dengan denah ini. Anda yang menginginkan garasi untuk dua mobil tapi ingin semua kebutuhan hunian terpenuhi, dapat mengambil inspirasi disini.

Anda masih tetap memiliki ruang keluarga dan area makan dengan luas mencukupi. Supaya tidak terkesan penuh dan khusus tetap terjaga, mainkan peletakan dinding sebagai pembatas ruang tengah dan area kamar tidur. Sisakan area outdoor untuk jaga sirkulasi hawa dan sinar yang baik.

 

Denah rumah minimalis: Tiga kamar tidur dengan tiga kamar mandi

Bagi beberapa orang, kamar mandi dalam ialah sarana untuk jaga privasi. Kenyamanan pemakai akan lebih maksimal. Suka dengan konsep seperti ini? Contoh saja dari denah ruangan untuk apartemen ini.

Setiap ruangan dapat memiliki kamar mandi sendiri, tanpa perlu mengurangi area untuk ruang semi publik. Kalaulah tidak dipakai sebagai rumah sendiri, konsep seperti ini bisa berguna bila nantinya dikontrakkan sebagai penginapan dengan gaya home stay.

Baca Juga:  Desain Rumah Mediterania Klasik dan Keindahan

Denah rumah minimalis dengan lahan memanjang ke belakang

Denah Rumah Minimalis

Saat lahan yang Anda miliki cukup sempit dari tampak muka tapi cukup luas karena memanjang ke belakang, Anda dapat menyiasatinya dengan denah rumah ini. Taruh tempat kamar tidur pada bagian belakang yang ditata berderetan.

Kalau Anda tidak ingin lorong terlihat terang, Anda dapat menambah pintu yang membatasi tempat semi khalayak dan tempat kamar tidur. Agar cahaya masih tetap masuk, pastikan Anda menyisakan lahan pada bagian samping untuk penempatan jendela.

Denah rumah minimalis dengan lahan memanjang ke samping

Berkebalikan dengan rumah yang memanjang ke belakang, rumah dengan lahan seperti ini akan mengeskpos semakin banyak kemunculan rumah di sisi depan. Selain harus memikirkan desain rumah, Anda harus juga memikirkan ruangan apa yang perlu mendapatkan cahaya penuh.

Jika lahan cukup terbatas, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggabungkan ruang keluarga dan ruang tamu. Atau, Anda dapat menempatkan meja dan kursi kecil di bagian teras sebagai alternatif tempat penerimaan tamu.

Denah rumah minimalis dengan level lantai yang meninggi

Denah Rumah Minimalis

Jika punyai lahan dengan topografi yang unik, yaitu makin tinggi, manfaatkan saja ini sebagai aksen pada bangunan. Bukannya meratakan tanahnya secara keseluruhan, Anda bisa jadikan level tanah yang lebih rendah sebagai garasi untuk kendaraan dengan teras di bagian atasnya.

Denah rumah dengan kamar mandi tunggal

Untuk menyiasati ruangan supaya terasa lebih lega, pangkas beberapa ruangan yang tidak perlu, seperti kamar mandi dalam. Bila Anda merasa kamar mandi tunggal mampu memenuhi semua kebutuhan, baca denah rumah ini.

Pemangkasan ini akan membuat ruang tengah menjadi lebih luas. Anda juga bisa memakainya sisa ruangan untuk membesarkan area kamar tidur.

Baca Juga:  Desain Rumah 100 Meter: Tips untuk Rumah Kecil yang Ideal

Pastikan saja, letak kamar mandi ada di tengah rumah supaya tidak mengganggu kenyamanan penghuni bila digunakan oleh orang yang bertamu.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.