Desain Rumah Eksterior

Desain Rumah Kotak, Bikin Tetangga Takjub!

Desain Rumah Kotak

Desain Rumah Kotak – Rumah kotak sekalinya desainnya sederhana, namun dari sisi penampilan justru kuat kesan modernnya. Itu karena fasad rumah kotak termasuk unik, di mana biasanya memiliki keunikan seperti jendela berukuran besar dan visual yang tidak biasa.

Rumah kotak memang masih belum biasa di Indonesia, tapi dengan seiring berjalannya waktu, desain ini kini makin digemari, khususnya pada pemukiman modern. Untuk mengetahui lebih lanjut soal rumah kotak, berikut ide desainnya yang dapat diikuti.

Desain Rumah Kotak, Bikin Tetangga Takjub!

  1. Rumah Kotak Bata Ekspos

Desain Rumah Kotak

Rumah kotak yang pertama ialah yang menggunakan bata ekspos. Selainnya unik, rumah dengan memakai bata ekspos memberikan kesan hunian yang natural serta ramah lingkungan. Selain itu, bata ekspos menampilkan nuansa yang lebih hangat.

Rumah kotak dengan bata ekspos sangat cocok untuk mereka yang mengadopsi hunian bergaya modern kontemporer industrial. Memadukannya dengan semen ekspos merupakan solusi yang tepat.

  1. Rumah Kotak Minimalis

Rumah kotak selanjutnya adalah bergaya minimalis. Sesuai namanya, rumah ini berukuran tidak besar dan tidak memiliki banyak ruang. Tiap ruangan yang terdapat di dalam rumah bersifat multi-fungsi.

Ciri khas jendela rumah penuh kaca datang dalam fasad rumah kotak ini sehingga kegiatan di dalam rumah bisa terlihat dari luar. Bila ingin privasi, memasang tirai menjadi cara yang baik.

  1. Rumah Kotak Terbuka

Desain Rumah Kotak

Rumah kotak bergaya terbuka sebagai desain yang pas diterapkan pada hunian yang memiliki ukuran bangunan yang tidak begitu luas. Konsep ini lebih ideal jika mempunyai pelataran untuk mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang cukup.

Dengan begitu, penghuni tidak merasa kepanasan atau sesak saat berada di dalam rumah karena konsepnya yang terbuka ini.

  1. Rumah Kotak ala Jepang
Baca Juga:  Laundry Room Sederhana: Ruang yang Efisien dan Nyaman

Fasad rumah kotak selanjutnya adalah yang bergaya ala-ala Jepang. Konsep rumah Jepang sudah terkenal dengan hunian yang minimalis dan sederhana. Seperti bentuk rumah ini yang cenderung memiliki ukuran yang kecil, memiliki pencahayaan alami yang optimal, dan sangat fungsional.

Segi depan ialah full kaca yang memiliki blind yang dapat di turunkan ke bawah saat ingin memperoleh privasi. Kaca yang besar ini memungkinkan pencahayaan alami yang masuk ke rumah di siang hari hingga tidak memerlukan lampu tambahan.

  1. Rumah Kotak Putih

Desain Rumah Kotak

Ingin tampilan fasad rumah kotak yang lain, dapat mencoba desain rumah kotak warna putih ini. Sisi atap memakai beton yang sedikit miring pada bagian belakang supaya air hujan bisa turun ke bawah. Ada empat buah kaca kecil pada bagian depan rumah untuk menambah seni.

Bukannya menggunakan pintu kaca, desain ini malah menggunakan pintu cermin satu arah . Jadi, orang yang diluar menyaksikan jika pintu tersebut ialah cermin, tetapi sebenarnya ialah kaca dari dalam rumah.

  1. Rumah Kotak 2 Lantai

Untuk mereka yang mempunyai rumah 2 lantai, fasad rumah kotak bisa juga diterapkan seperti desain yang ini. Dibanding membuatnya jadi satu bangunan kotak yang besar, membaginya jadi dua desain yang lain bisa menjadi cara yang tepat.

Satu bangunan berwujud L dengan 1 bangunan kotak yang ada di tengah dengan tinggi yang lebih rendah. Atap bangunan juga dapat digunakan sebagai tempat rooftop untuk bergabung bersama tamu yang bertandang atau keluarga.

  1. Rumah Kotak Bebatuan

Desain Rumah Kotak

Bila ingin berlainan dari yang lainnya, bisa coba desain rumah kotak dengan bebatuan alam seperti ini. Bebatuan alam dipakai sebagai dinding luar fasad rumah dan memberikan kesan hunian yang natural serta sejuk.

Baca Juga:  Model Tangga Rumah Minimalis yang Cantik dan Unik

Kemudian dipadankan dengan jendela terbuka dari kaca dan tiang dan lantai kayu untuk mendukung elemen alam dari batu-batuan. Agar lebih cantik, meletakkan tanaman hijau di muka rumah bisa juga dilakukan.

  1. Rumah Kotak Mewah

Rumah kotak seterusnya diperuntukkan untuk mereka yang mempunyai tampilan fasad mewah dan menawan. Rumah kotak dibuat memanjang ke samping dengan cat dinding warna jelas, seperti putih.

Ada banyak jendela kaca besar untuk memastikan ruangan mendapatkan penerangan alami yang maksimal. Pintu garasi rumah juga sejumlah dibuat dari kaca buat menambah kesan elegan pada hunian.

  1. Rumah Kotak Modern

Desain Rumah Kotak

Berbeda dari rumah kotak yang lain yang memiliki kaca besar, rumah kotak modern tidak mempunyai kaca besar pada fasad rumah. Pintu kaca ada di bagian tengah rumah dengan dinding tanpa kaca yang dicat satu warna.

Kebalikannya, penerangan alami diperoleh dari sisi atas rumah yang datar dan beberapanya sengaja dipasang kaca. Hingga walau kelihatan tertutup, penghuni yang berada di dalam rumah dapat mendapatkan sinar matahari.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.