Desain Rumah Eksterior Jasa Arsitek Online Jasa Desain Rumah Jasa Gambar Rumah Tips Rumah

Desain Rumah Tradisional Modern yang Unik dan Nyaman!

Desain Rumah Tradisional Modern

Desain Rumah Tradisional Modern – Desain rumah kekinian bergaya tradisional merupakan desain rumah yang bisa menjadi referensi Anda ketika sudah bosan dengan desain rumah yang sedang Anda tempati. Atau bisa menjadi referensi Anda yang sedang berencana untuk membangun rumah masa depan.

Corak tradisional memang tidak bisa terlepas dari unsur-unsur tradisional yang menjadi ciri khas dari setiap etniknya. Hal ini bisa dikombinasikan dengan desain rumah kekinian baik secara warna, interior dan eksterior.

Indonesia sendiri memiliki gaya rumah tradisional dari beberapa etnik yang mempunyai khasnya masing-masing. Beberapa etnik seni yang menonjol di Indonesia yaitu Jawa dan Bali. Jawa mempunyai desain rumah dengan nama khasnya Joglo.

Rumah ini bernuansa serba kayu dengan menerapkan warna alami seperti warna kayu. Beda halnya dengan seni yang di tonjolkan pada rumah tradisional Bali yang lebih menonjolkan seninya pada ukiran-ukiran yang di terapkan baik di batuan atau kayu.

Akan tetapi keduanya mempunyai nilai keindahan yang bisa dengan mudah dicampurkan dengan desain rumah modern.

Apakah Anda tertarik dengan desain rumah tradisional ini? Kalau begitu coba Anda simak hal-hal yang perlu di perhatikan dalam mendesain rumah modern bergaya tradisional ini. Desain rumah tradisional antara lain adalah sebagai berikut ini :

Desain Rumah Tradisional Modern yang Unik dan Nyaman!

Eksterior dan Interior

Desain Rumah Tradisional Modern

Jika Anda mempunyai budget yang tidak terlalu besar, Anda bisa mencampurkan tradisional dan modern melalui eksterior dan interiornya. Jika Anda ingin mengkombinasikan dengan rumah tradisional Jawa misalnya.

Anda bisa mengaplikasikan unsur tradisional Jawa pada interior rumah modern Anda seperti lampu yang bergaya tradisional khas Jawa, lantai bercorak kayu, jendela rumah lengkap dengan dua daun jendela kayu, atau Anda bisa mengaplikasikan desain pintu khas rumah tradisional Jawa.

Namun, jika Anda mempunyai budget yang cukup besar, Anda bisa membangun bale-bale khas tradisional Jawa di halaman rumah Anda lengkap dengan kolam ikan kecil.

 

Pemilihan Area Yang Di Tambah Nuansa Seni Tradisional

Kesenian tradisional memperkuat kesan tradisional pada desain rumah modern yang di bangun. Desain rumah yang modern dengan warna cerah dan bangunan yang besar bisa di berikan sentuhan seni berupa ukiran-ukiran kayu pada furniture rumah yang bisa Anda tempatkan di area-area yang bisa memperjelas gaya tradisional rumah modern Anda.

 

Tema Untuk Desain Rumah

Desain Rumah Tradisional Modern

Untuk membawa nuansa tradisional pada rumah modern, Anda harus menentukan tema tradisional seperti apa dan kebudayaan tradisional dari daerah mana yang akan Anda bawa ke dalam rumah modern Anda.

Selain itu, Anda juga harus menentukan apakah akan mengaplikasikan nuansa tradisional secara keseluruhan atau hanya berupa sentuhan kecil saja pada beberapa desain interior atau eksterior di rumah modern Anda.

 

Lingkungan Rumah.

Desain Rumah Tradisional Modern

Hal ini yang paling akan membuat suasana tradisional nampak kental. Lingkungan rumah harus di sesuaikan dengan pilihan tradisional yang Anda pilih.

Bali misalnya identik dengan patung dan corak hitam putih, serta gerbang yang terbuat dari batu. Jawa identik dengan alam, gemercik air dan rerumputan nuansa pedesaan. Lingkungan yang bergaya modern, Anda bisa buat dengan penempatan taman dan desainnya.

Sedangkan untuk tradisionalnya Anda bisa membuat air terjun kecil dengan di kelilingi rumput-rumput halus serta penempatan saung kecil untuk penghias.

Lalu Anda juga bisa mencoba membuat suara dari pukulan bambu. Yakni dengan bambu berukuran 30cm dengan penempatan seperti jungkat jungkit yang di simpan di bawah air terjun kecil. Ketika penuh bambu tersebut akan bergerak seperti jungkat jungkit dan menghasilkan suara yang khas.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa menambah inspirasi Anda dalam desain rumah modern bergaya tradisional. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi dengan kebudayaan tradisional pada rumah modern Anda.