Desain Rumah Eksterior

Inspirasi Desain Rumah Bambu Minimalis Modern

Inspirasi Desain Rumah Bambu

Inspirasi Desain Rumah Bambu  – Hunian rumah bambu minimalis kekinian memang makin dilirik dalam beberapa tahun belakangan. Hal itu bisa dilihat dari tingginya permintaan dan jumlah penjualan rumah bambu semi permanen di pasaran, sebagai bukti jika peminat rumah bambu cukup diminati.

Penggunaan bambu yang merupakan material alami dianggap mempunyai nilai seni tinggi. Selain itu, harga lebih terjangkau dibanding membangun rumah dari kayu atau beton. Apalagi, dengan proses pengawetan yang benar rumah bambu bisa bertahan sampai puluhan tahun.

Berencana membuat tempat tinggal dari material dasar bambu, tetapi belum memperoleh model atau desain yang tepat? Beberapa referensi rumah bambu berikut ini bisa menjadi pertimbangan:

Inspirasi Desain Rumah Bambu Minimalis Modern

Rumah Panggung Bambu Minimalis

Inspirasi Desain Rumah Bambu

 

 

Tempat tinggal berbahan dasar bambu bergaya minimalis menjadi pilihan yang tepat. Mengusung ide panggung 2 tingkat, dikombinasikan jendela kaca berukuran cukup luas akan menampilkan situasi klasik modern, yang begitu sejuk dan menenangkan.

Rumah Bambu Minimalis Berbentuk Limas

 

Mengaplikasikan atap limas dari rumbia dengan atap bambu akan menghadirkan nuansa tradisional sangat kental pada hunian Anda. Untuk menambah kesan minimalis, karena itu dapat memasang sliding door dari kaca sehingga rumah terlihat lebih bagus.

Rumah Bambu 2 Lantai Desain Klasik Kekinian

 

Bangunan dari bambu memang kuat dengan elemen pedesaan yang khas. Namun, jika dipadukan dengan penggunaan pintu dan jendela kaca, maka menghadirkan kesan minimalis kekinian . Jadi, rumah akan terlihat semakin unik, dan terlihat nyaman dihuni.

Rumah Bambu Kombinasi Beton

Inspirasi Desain Rumah Bambu

 

Siapa bilang material bambu tidak bisa dipadukan dengan beton? Kombinasi kedua bahan bangunan yang kontras itu faktanya akan menghadirkan kesan-kesan lebih unik. Anda bisa memakai bambu sebagai penyangga rumah beton supaya terlihat serasi.

Baca Juga:  Desain Rumah Ukuran 10x12: Tips untuk Maksimalkan Ruang

Rumah Bambu Bergaya Classic Modern

 

Mengombinasikan material bambu dengan beton secara terancang dan stabil akan membuat tempat tinggal terlihat lebih kompleks. Untuk Anda yang menyenangi tempat tinggal memiliki nuansa classic kekinian, karena itu bisa jadikan kombinasi bahan bambu dan beton pada bangunan.

Rumah Bambu Desain Etnik

Inspirasi Desain Rumah Bambu

 

Ingin memiliki rumah bernuansa etnik layaknya vila-vila di berbagai pulau eksotis, seperti papua? Anda bisa menjadikan rumah berbahan dasar bambu sebagai solusinya. Untuk menambah kesan-kesan tradisional, pakai atap rumbia dengan desain lengkung.

Hunian rumah bambu minimalis kekinian memang makin dilirik dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu bisa dilihat dari tingginya keinginan dan jumlah penjualan rumah bambu semi tetap di pasaran, sebagai bukti jika peminat rumah bambu cukup diminati.

Panduan Membangun Rumah Bambu

Pembangunan rumah bambu menjadi solusi mempunyai hunian idaman dengan modal ekonomis. Tetapi, ada beberapa hal yang penting jadi perhatian sebelum membuat rumah dari material bambu.

Berikut ini ialah panduan membangun rumah bambu terbaik :

Menggunakan Batang Bambu Tua

Jika Anda akan membuat hunian dari bahan dasar bambu, seharusnya pilih batang bambu berumur tua. Hal itu dikarenakan bambu tua memiliki daya tahan lebih kuat, dan tahan lama. Selain itu, pilih pohon bambu berbatang lurus.

Mengawetkan Bambu

Supaya bambu bisa bertahan dalam periode waktu lama sampai puluhan tahun, karena itu harus dilakukan proses pengawetan. Ada banyak teknik pengawetan bambu yang bisa diterapkan, termasukan dengan memanfaatkan oli bekas, boraks, maupun solar.

Memilih Jenis Bambu Terbaik

Perlu diketahui, jika tanaman bambu terdiri dari beberapa jenis. Oleh karena itu, Anda dituntut mengetahui jenis apakah yang cocok untuk jadi bahan dasar rumah. Sampai saat ini, tipe yang banyak digunakan ialah bambu betung dengan diameter 12 cm – 20 cm.

Baca Juga:  Model Rumah 8x14: Desain Efisien untuk Ruang Terbatas

Mengaplikasikan Bambu Secara Parsial

Jika Anda merencanakan membangun rumah bambu bernuansa tradisional, karena itu disarankan memakai material bambu secara menyeluruh untuk tampilkan kesan alami dan artistik. Apalagi, bambu pas dijadikan sebagai lantai dan atap rumah.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.