Interior Desain Rumah

Konsep Rumah Mezzanine, Solusi Hunian Minimalis!

Konsep Rumah Mezzanine

Konsep Rumah Mezzanine – Mezzanine ialah sebuah balkon di dalam ruangan atau lantai tambahan. Mezzanine merupakan lantai yang berada di tengah, antara lantai bawah dan atap atau plafon rumah, dengan luas yang biasanya hanya sepertiga dari luas ruangan.

Untuk Anda yang ingin membuat hunian dengan menghadirkan mezzanine, maka simaklah artikel ini yang akan membahas tentang rumah mezzanine.

Konsep Rumah Mezzanine, Solusi Hunian Minimalis!

Tips Bangun Rumah dengan Mezzanine

Sebelum membangun mezzanine di dalam rumah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan Anda. Simak panduannya berikut ini.

  • Luas Ruangan
    Biasanya lantai mezzanine menggunakan sepertiga luas ruangan di rumah Anda. Oleh lantaran itu, yakinkan luas ruangan rumah Anda menyempurnakan, akibatnya keberadaan mezzanine tidak membuat sebuah ruangan selaku sempit.
  • Fungsi
    Setelah mengetahui luas ruangan yang akan dibangun mezzanine, selanjutnya tentukan fungsi dari lantai mezzanine itu.
    Jika lantai mezzanine cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai kamar anak-anak, ruang kerja, studio, atau ruang bersantai. apabila luas mezzanine terbatas, lantai tambahan ini bisa berfungsi sebagai perpustakaan atau sudut untuk membaca.
  • Tinggi
    Selain luas ruangan, tinggi ruangan juga perlu diperhatikan supaya mezzanine tidak terlihat menyesakkan. Tinggi minimal ruangan tempat mezzanine dibangun adalah 440 centimeter, karena mezzanine akan mengambil bagian sekitar 210 cm termasuk langit-langit.
  • Pencahayaan
    Mezzanine adalah ruangan terpisah yang terhubung dengan ruangan utama. Jadi pencahayaan di mezzanine sebaiknya disesuaikan dengan fungsi mezzanine supaya tidak terganggu ruangan lain atau justru mengganggu ruangan yang berdekatan.
  • Ruangan Di Bawah Mezzanine
    Pada saat membangun mezzanine, ruangan atau area di bagian bawahnya akan ada langit-langit yang rendah. Supaya aktivitas di bagian bawah mezzanine tidak selaku terbatas, berikan pencahayaan yang cukup dan tambahkan kipas angin jika diperlukan.
Baca Juga:  Denah 2 Lantai: Desain yang Praktis dan Fungsional

Desain Rumah Mezzanine

Jika Anda tertarik untuk menggunakan mezanin pada rumah, berikut ide desain rumah mezzanine yang bisa menjadi panduan inspirasi bagi Anda. Berikut ialah ulasan lengkapnya.

 

  1. Mezzanine di Kamar Tidur

Konsep Rumah Mezzanine

Seperti telah disebutkan di atas, penerapan mezanin tidak terbatas di area ruang tengah. Konsep tersebut pula cocok diaplikasikan di sejumlah ruangan, salah satunya adalah kamar tidur.

Seperti pada gambar di atas, Anda mampu menjadikan lantai tambahan pada ruangan sebagai tempat. Sementara area bawah difungsikan sebagai area bekerja dan bersantai. Anda juga bisa memodifikasi dekorasi interior ruangan.

  1. Mezzanine di Dapur

Ketinggian ruangan penuh sampai plafon tidak dibutuhkan pada dapur pada umumnya. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan ruang yang tersisa di atas dapur untuk dibuat mezzanine.

Anda bisa membangun ruangan ekstra di atasnya dengan konsep terbuka yang elegan dan bisa digunakan untuk beraktivitas. Selain itu, desain pembatas dan pegangan tangga pun bisa kamu buat dengan kerangka-kerangka besi yang dicat.

  1. Mezzanine untuk Perpustakaan

Konsep Rumah Mezzanine

Menghadirkan perpustakaan mini yang elegan bukanlah hal mustahil. Anda bisa mewujudkannya dengan desain mezzanine yang sesuai. Selain itu, area tersebut bisa sekaligus menjadi tempat bersantai yang nyaman. Jangan lupa untuk memberi pembatas yang kuat untuk keamanan.

Tangga mezzanine satu ini mampu Anda desain dengan memadukannya dengan elemen papan yang menawan. Tangga dibangun menempel dengan dinding dan dibuat pegangan sederhana. Rak buku juga bisa Anda kreasikan dengan bentuk yang unik.

  1. Mezzanine untuk Ruang Terbuka

Lantai tambahan pada rumah pula diterapkan sebagai area terbuka. Seperti pada gambar di atas, alih-alih dijadikan sebagai ruangan tertutup, mezzanine justru dimanfaatkan sebagai taman mini dalam rumah.

Baca Juga:  Desain Rumah Terbaru 2023, Siap menginspirasi!

Konsep ini memang agak kurang lazim. Namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba mengaplikasikannya pada hunian Anda. Selain akan ada area terbuka yang lebih personal, pengaplikasiannya juga akan memberikan kesan unik dan berbeda pada hunian Anda.

  1. Mezzanine untuk Ruang Kerja

Konsep Rumah Mezzanine

Manfaatkan desain mezzanine sebagai solusi apabila luas rumah sudah tidak memungkinkan lagi untuk didesain sebagai area kerja.

Seperti desain mezzanine berikut ini, yang memaksimalkan pembatas sebagai tempat menyimpan surat sehingga menjadi kannya semakin unik. Dengan konsep seperti ini, dijamin ruang kerja Anda menjadi tidak membosankan.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.