Tips Rumah Jasa Arsitek Online Jasa Desain Rumah Jasa Gambar Rumah

Perhitungan RAB Rumah 2 Lantai yang Baik dan Tepat!

Perhitungan RAB Rumah

Perhitungan RAB Rumah – Kamu berencana untuk membuat properti berupa rumah baru yang terdiri dari dua lantai? Sebelum melakukan pembangunan, terdapat beberapa tahapan awal yang harus kamu wajib kamu lakukan.

Salah satunya yakni membuat perhitungan RAB rumah 2 lantai agar proses pembangunan bisa berjalan efisien dan sesuai budget. Nah, untuk membantu kamu biar bisa ada gambaran mengenai RAB rumah, Kami akan membagikan tips yang bisa kamu lakukan biar bisa menghitung nya sebagai akurat.

Untuk itu, sebelum memutuskan membangun rumah baru ataupun merenovasi rumah dijual, pastikan kamu untuk menyimak contoh RAB rumah 2 lantai berikut ini!

Perhitungan RAB Rumah 2 Lantai yang Baik

Hitung RAB Rumah 2 Lantai Berdasarkan Luas Bangunan

Perhitungan RAB Rumah

Cara pertama untuk menghitung RAB rumah dua lantai dapat dilakukan dengan mengetahui informasi perhitungan kasar yang berlaku secara umum. Adapun, informasi ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, mulai dari rekan ataupun kontraktor yang akan kamu sewa.

Estimasi cara membuat RAB rumah ini sanggup dihitung berdasarkan luas bangunan, seperti luas bangunan 100 m2 yakni berkisar Rp350 juta dan luas bangunan 100 m2 hingga 200 m2. Mulai dari Rp350 juta sampai Rp1,2 milyar, serta luas bangunan 300 m2 yakni sekitar Rp1,2 milyar.

Hitung Berdasarkan Harga Material

Cara lainnya yang bisa kalian lakukan guna menghitung RAB rumah yakni berdasarkan harga satuan material.

Untuk mengetahui hal ini, kamu perlu melakukan penghitungan rinci terhadap material yang akan digunakan, daftar upah tukang yang akan dipekerja kan, membuat alur kerja terikat proses pembangunan, dan juga menghitung jumlah harga material secara menyeluruh.

Hitung Berdasarkan Harga Per Meter Persegi

Perhitungan RAB Rumah

Kamu jua bisa menggunakan cara penghitungan kasar dari harga per meter persegi saat membangun properti berupa rumah baru yang terdiri dari dua lantai. Selaku contoh, perkiraan untuk membangun rumah adalah sebesar Rp5 juta per m2.

Baca Juga:  Jasa Gambar Rumah Lamongan

Jika memutuskan untuk membangun rumah dua lantai dengan total luas bangunan sebesar 100 m2, maka kamu pun bisa mengetahui estimasi RAB rumah 2 lantai yaitu sebesar Rp500 juta.

Simulasi Perhitungan RAB Rumah 2 Lantai

Untuk melakukan simulasi dari penghitungan RAB rumah, tentu saja kamu harus melakukan uraian secara detail. Pertama-tama, kamu harus menguraikan budget untuk persiapan pekerjaan yang didalamnya termasuk pembokaran rumah dijual ataupun pembuangan puing bangunan lama.

Selain itu, hitung juga RAB rumah 2 lantai guna pekerjaan pondasi termasuk uraian jenis material yang akan digunakan. Rincian biaya untuk profesi bentuk kerikil, biaya guna profesi pemasangan bilik, pekerjaan pemasangan plafon di kedua lantai bangunan, pemasangan keramik.

Kemudian pikirkan tentang pemasangan kusen dan pintu jendela, pekerjaan dan pengecatan dinding serta plafon, estimasi biaya instalasi listrik, biaya instalasi sanitasi, dan juga pekerjaan lain seperti pembuatan tangga serta instalasi kanopi.

Lakukan Penghitungan RAB Rumah Secara Tepat!

Perhitungan RAB Rumah

Tentu saja menghitung RAB rumah harus kamu lakukan secara tepat agar kamu ada gambaran mengenai budget yang harus dipersiapkan.

Dalam melakukan penghitungan, kamu pun harus memperhatikan harga terbaru dari material bangunan yang akan digunakan serta biaya terbaru dari jasa pekerja karena akan pengaruhi estimasi biaya keseluruhan.

Jika kamu memutuskan untuk mengerjakan proyek bangunan rumah 2 lantai dengan kontraktor, kamupun harus memilih jasa yang terpercaya dan ada reputasi baik.

Itulah beberapa bermacam panduan dan cara menghitung RAB rumah 2 lantai yang ideal. Selain tips diatas, Anda bisa temukan juga berbagai inspirasi terbaik lainnya di laman Dinasti arsitek!

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.