Desain Rumah Jasa Desain Rumah Jasa Gambar Rumah Tips Rumah

Standar Ukuran Pintu Berdasarkan Model dan Jenis Ruangan

Standar Ukuran Pintu

Standar Ukuran Pintu – Pernah tidak kamu kesusahan masukkan atau mengalihkan perlengkapan ke ruang karena ukuran pintu yang kekecilan? Membuat pintu memang tidak dapat asal-asalan. Untuk setiap mode dan tipe ruang, ada ukuran pintu masing-masing yang seharusnya tidak diremehkan.

Jika kamu asal-asalan membuat pintu, bisa jadi ukuran yang tidak pas akan membuat kamu kesusahan dalam beragam hal, misalkan saat masukkan perlengkapan yang lumayan besar. Oleh karenanya, penting untuk pahami ukuran pintu yang betul agar kamu tidak salah beli atau membuat daun pintu.

Lalu, ukuran pintu yang betul itu yang seperti apakah? Dibanding kebingungan, berikut kami akan mengulas bermacam standard ukuran pintu yang seharusnya kamu tentukan sama sesuai keperluan!

Standar Ukuran Pintu Berdasarkan Model dan Jenis Ruangan

1. Ukuran Pintu Khusus Satu Daun
Untuk pintu depan rumah alias pintu khusus, standard ukuran pintunya ialah yang mempunyai lebar 80 cm dengan tinggi 210 cm. Tetapi ingat, ukuran pintu ini yang sejenis satu daun. Ukuran ini belum terhitung dengan lebar kusen yang rerata 6 cm untuk tiap seginya.

Standar Ukuran Pintu

2. Ukuran Pintu Khusus Dua Daun
Pintu khusus rumah tidak terus-terusan satu pintu. Kamu juga kemungkinan tertarik membuat pintu khusus dengan 2 daun pintu. Banyak orang pilih pintu khusus dua daun agar lebih mudah masukkan perlengkapan yang besar.

Meskipun begitu, pintu dua daun punyai ukuran sendiri. Standard ukuran pintu untuk mode dua daun ialah lebar 90 cm untuk setiap daunnya dan tinggi 210 cm.

Namun, ada pula ukuran pintu dua daun dengan masing-masing lebar daun pintu memiliki ukuran 65—75 sentimer. Untuk ukuran pintu yang lebarnya lebih kurang ini, umumnya tingginya semakin besar, yakni 220—240 cm.

Baca Juga:  7 Tips Investasi Rumah Baru

3. Ukuran Pintu Geser
Kekinian ini, mode pintu geser cukup terkenal karena karakternya space-saving alias irit tempat. Umumnya, mode pintu ini bukanlah untuk pintu khusus, tetapi untuk pintu samping atau belakang rumah atau untuk pintu ruang seperti kamar.

Standar Ukuran Pintu

Pintu yang memakai rel umumnya dibuat dari aluminium dan mempunyai standard ukuran pintu 80 cm untuk lebarnya dan 210 cm untuk tingginya.

4. Ukuran Pintu Kamar Tidur
Standard ukuran pintu untuk kamar tidur sama sama ukuran pintu khusus dari sisi lebarnya, yakni 80 cm. Tetapi, untuk ukuran tingginya sedikit rendah dibanding ukuran pintu khusus.

Ukuran tinggi untuk pintu ruang tidur umumnya cuman 200 cm. Kusen untuk pintu ruang tidur sendiri lebih tipis dibanding pintu khusus, yakni cuman 1—1,5 cm untuk setiap seginya.

5. Ukuran Pintu Kamar Mandi
Ukuran pintu yang lebih kecil umumnya diaplikasikan pada kamar mandi. Standard ukuran pintu kamar mandi ialah lebar 70 cm dan tinggi 180 cm. Ukuran pintu dengan lebar yang lebih kecil ini karena biasanya tidak ada perpindahan perlengkapan memiliki ukuran besar ke atau dari kamar mandi.

Standar Ukuran Pintu

Sementara, untuk penempatan closet duduk, wastafel, atau bathtub, umumnya telah dilaksanakan pada awal saat pembuatan rumah. Karena argumen ini, bahkan juga ada sebagian orang yang berani mengaplikasikan ukuran lebar pintu kamar mandi cuman 60 cm.

6. Ukuran Pintu Garasi
Tidak boleh lupakan garasi. Kamu perlu memahami ukuran pintu garasi yang cocok agar tidak berpontensi menghancurkan kendaraanmu. Biasanya, ukuran pintu garasi mempunyai lebar minimum 2,7 mtr. Sementara untuk tingginya, seharusnya capai 2,5 mtr. untuk menahan guratan pada atap kendaraan yang kamu punyai.

Baca Juga:  Apa Itu PBG Pengganti IMB? Cara dan Syarat Mengurus

Coba ukur pintu di rumahmu saat ini, telah pas belum dengan standard ukuran pintu yang dianjurkan? Jika belum, seharusnya kamu selekasnya melakukan perbaikan, ya! Mudah-mudahan artikel ini kali dapat berguna untuk Anda.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.