Tips Rumah

Tips Memilih Tema untuk Wallpaper Rumah Anda

Memilih Tema untuk Wallpaper Rumah – Wallpaper adalah adalah tampilan atau display pada permukaan bidang datar yang bisa menjadi hiasan. Wallpaper biasanya populer untuk penyebutan tampilan layar monitor komputer. Namun, istilah wallpaper bisa juga digunakan untuk tampilan dinding rumah atau gedung yang berupa bidang datar. Agar tampilan bidang datar tersebut lebih cantik biasanya diperlukan penerapan wallpaper dengan tema tertentu.

Wallpaper untuk Dinding
Wallpaper tidak hanya digunakan pada layar monitor. Terkadang wallpaper juga sering digunakan untuk menghias dinding rumah agar tampak lebih indah. Anda bisa menanyakan kertas wallpaper yang bisa dipasang pada dinding rumah di toko-toko bangunan yang ada di kota Anda.

Memilih Tema Wallpaper Rumah

Wallpaper dinding, khususnya dinding rumah Anda tentu berbeda dengan wallpaper monitor. Jika monitor PC mungkin bisa dipilih sesuai dengan keinginan hati Anda, wallpaper dinding rumah tentu perlu dimusyawarahkan dengan anggota keluarga yang lain. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan bentuk dan luas ruangan, apakah cocok dengan tema hiasan yang akan ditempelkan.

Baik, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih tema yang pas untuk wallpaper rumah Anda:

1. Akomodir Keinginan Seluruh Anggota Keluarga
Anda perlu mengakomodir semua keinginan anggota keluarga sebelum memutuskan untuk memasang wallpaper. Adakan musyawarah dalam keluarga. Beri kesempatan pada semua anggota keluarga untuk berpendapat. Ambil keputusan yang terbaik dari musyawarah tersebut. Apakah akan memasang wallpaper atau tidak pada dinding rumah? Jika iya, tema seperti apa yang diinginkan. Jika tidak Anda bisa menggunakan cat dengan warna-warna pilihan tertentu. Dinding polos dan bersih sudah cukup membuat ruangan terlihat lapang dan menyenangkan.

2. Utamakan Kenyamanan
Pilih kertas wallpaper dari bahan yang aman dan tidak mudah lepas dari dinding. Ini penting diperhatikan terutama bagi Anda yang memiliki anak-anak kecil dan suka mencoret-coret dan mencongkel dinding.

3. Gunakan Motif Sederhana dan Elegan
Untuk wallpaper dinding, sebaiknya pilih motif yang sederhana saja, jangan terlalu ramai. Karena, walplpaper yang terlalu ramai justru akan memberikan efek sempit pada pada ruangan.

Beberapa motif wallpaper yang bisa Anda pilih untuk dinding dalam ruangan antara lain:

– Motif Susunan Batu Bata

Motif batu bata akan memberikan kesan sederhana dan elegan. Dinding ruangan Anda terlihat lebih rapi dan alami. Warna-warna natural pada motif batu bata akan memberikan kesan sejuk dan lapang. Sehingga Anda keluarga merasa betah dan nyaman berada dalam ruangan.

– Motif Kuntum Bunga

Motif kuntum bunga kecil-kecil juga bisa menjadi pilihan. Misalanya motif kuntum bunga melati yang tersusun rapi berjejer. Warna putih bersih pada kuntum bunga dan warna hijau daun memberikan kesan bersih dan segara. Sehingga Anda dan keluarga merasa nyaman berada dalam ruangan.

– Motif Kartun

Untuk ruangan kamar anak, Anda bisa memilih motif kartun kesukaan anak dalam ukuran besar. Sehingga anak merasa senang melihat kamarnya dihiasi dengan motif kartun kesukaannya.

– Motif Taman Bunga

Motif taman bunga juga bisa jadi pilihan, tapi jangan terlalu ramai. Pilih motif taman bunga yang dipadukan dengan lapangan hijau. Motif tanaman bunga gunakan yang sederhana saja, sehingga tidak terkesan penuh.

Konsultasi dengan Ahlinya
Ya, berkonsultasilah dengan ahlinya yakni ahli arsitek agar mendapatkan pandangan yang lebih tepat. Anda bisa minta pendapat dari para desain interior untuk pemilihan wallpaper yang sesuai dengan luas dan bentuk ruangan Anda. Mereka tentu dengan senang hati akan memberikan masukan yang positif bagi Anda.

Bertanya pada ahlinya ini penting. Mengingat mereka tentu memiliki pengalaman yang lebih banyak di bidang ini. Mengingat, ruangan rumah adalah tempat Anda berkumpul dengan keluarga dan menerima tamu. Tentunya Anda tidak ingin ruangan rumah menjadi tidak nyaman setelah dinding dilapisi dengan wallpaper. Ketidaknyamanan ini bisa jadi disebabkan oleh pemilihan motif dan warna yang tidak tepat pada wallpaper yang digunakan.

Demikian artikel tentang tips memilih tema wallpaper baik untuk wallpaper dinding rumah Anda. Semoga bermanfaat!