Desain Rumah

Membuat Kolam Ikan dalam Rumah Kenapa Tidak?

Membuat Kolam Ikan dalam Rumah

Membuat Kolam Ikan dalam Rumah – Terkadang, banyak orang yang kurang memahami bahwa mencari hiburan tak mesti harus pergi keluar negeri. Di dalam rumah juga bisa. Tapi, semua ini tergantung pada pribadi masing-masing. Bagi penulis, hiburan bisa dihadirkan di rumah sendiri. Caranya? Buat Saja kolam ikan dalam rumah.

Kalau ada yang tidak setuju itu wajar karena ini sebuah sudut pandang masing-masing orang. Bagi orang yang tak ingin uangnya dihambur-hamburkan begitu saja, tentu memilih hiburan yang sederhana dan mudah dilakukan. Tak perlu keluar rumah, cukup di dalam rumah. Mencari hiburan tak jauh berbeda seperti mencari pekerjaan.

Ada orang yang menilai pekerjaan harus dilakukan di kantor. Baginya, kerja harus menggunakan pakaian resmi, memiliki jam teratur, dan memiliki gaji tetap setiap bulan.

Namun, ada juga sebagian orang yang senang bekerja di rumah. Tak perlu ribet dengan pakaian resmi. Tak perlu pusing dengan jam kerja dan tak perlu takut kecelakaan di jalan. Semua itu tergantung pada pribadi orangnya.

Demikianlah halnya dengan mencari hiburan. Di dalam artikel ini penulis ingin menceritakan tentang pentingnya membuat kolam ikan dalam rumah. Artinya, kolam ikan tersebut bisa saja terdapat di dalam rumah atau bisa jadi di belakang rumah. Maksud dalam rumah tak mesti di dalam rumah. Di luar juga termasuk dalam rumah karena ia masih berada dalam area tanah rumah milik pribadi.

Gambaran Umum Kolam Ikan di Dalam Rumah
Jangan pernah Anda membayangkan bahwa membuat kolam ikan di dalam rumah harus dengan kondisi rumah yang luas. Rumah yang minimalis pun bisa dibuat kolam ikan. Ingat, kolam ikan di dalam rumah maksudnya berada di area tanah rumah milik kita.

Membuat Kolam Ikan dalam Rumah

Selain itu, ada aturan khusus mengenai panjang lebar boleh membuat kolam ikan di dalam rumah. Jika memang tanah di area rumah kita tampak kecil, maka buatlah kolam ikan yang kecil. Yang paling penting, adanya pandangan yang menyegarkan saat menyaksikan kolam ikan karena kolam ikan dibuat untuk dijadikan hiburan.

Jika rumah Anda minimalis lalu membuat kolam yang tidak begitu besar, maka ada beberapa hal yang paling penting Anda perhatikan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan apabila membuat kolam ikan di dalam rumah.

1. Sirkulasi air
Sirkulasi air yang ada di dalam kolam ikan harus dalam kondisi baik. Karena jika sirkulasi air di dalam kolam tidak baik, maka airnya akan cepat kotor. Ikan akan hidup nyaman bila berada dalam air yang bersih, sehingga kualitas air yang baik juga menunjukkan bahwa air terlihat jernih dan bersih.

Untuk tetap membuat air selalu bersih, maka gunakan juga filter. Filter inilah yang berperan untuk menyaring kotoran yang terdapat di dalam kolam ikan. Jika sudah ada penyaringan, maka otomatis air akan selalu bersih. Selain filter, buat juga liner air dan jika memungkinkan, buat juga air terjun kecil.

2. Hiasi kolam dengan bebatuan
Dalam membuat kolam, usahakan dengan menggunakan bebatuan. Jangan hanya dalam bentuk kotak dengan di semen saja. Untuk kolam ikan memang bisa, namun untuk menimbulkan keindahan dan keenakan mata memandang tentu saja tidak bisa. Anda pun akan menjadi bosan.

Karena itu, hiasi bebatuan di dindingnya atau masukkan bebatuan kecil di dalamnya. Ini akan tampak indah bila air dalam kondisi jernih. Jenis bebatuannya tergantung pada kesukaan dan luasnya tanah yang digunakan untuk kolam. Yang paling penting, jangan hanya dibuat dalam bentuk semen rata.

3. Buatlah hal-hal tambahan yang menyenangkan
Maksud penulis menyarankan demikian adalah agar Anda bisa bersantai. Hal apa saja yang menyenangkan, misalnya Anda buat titi kecil yang bisa Anda berjalan di atasnya, sehingga ketika Anda memberi makanan akan tampak ikan tersebut memakannya dengan jelas. Inilah bagian dari yang menyenangkan juga.

Jika kolam yang dibuat agak besar atau luas, maka berilah pondok di atasnya atau tempat duduk santai di atasnya. Jika Anda dalam hari dalam penuh kepenatan, lalu Anda duduk di atas pondok atau tempat duduk santai tersebut akan membuat Anda merasa tenang. Pasalnya, Anda bakal mendengar suara air terjun kecil. Suara ini bisa membuat Anda tenang.

Buat Anda yang punya hobi menulis, maka kolam yang ada tempat duduknya bisa menjadi tempat Anda dengan mudah mengeluarkan ide. Anda bisa dengan nyaman menulis sambil ditemani suara air mancur dan suara ikan berenang di air. Sungguh, ini sangat menyenangkan.

kolam ikan indoor

Penulis sendiri pernah merasakan kenyamanannya. Menulis hingga tiga jam tidak terasa. Penulis sangat asyik menulis sambil kadang-kadang di sela-sela memikirkan kandungan tulisan, penulis berikan makanan ikan. Melihat mereka begitu semangat memakan umpan, penulis jadi bahagia. Kebahagiaan ini yang membuat ide dengan mudah mengalir.

Cara Membuat Kolam Ikan Dalam Rumah
Nah, setelah penulis menjelaskan hal-hal yang boleh dikatakan mesti ada saat membuat kolam agar memberikan hiburan dan ketenangan. Kini penulis ingin berbagi pengetahuan tentang cara membuat kolam.

1. Tentukan lokasinya
Bila Anda ingin membuat kolam ikan di area rumah, maka lihatlah lokasi mana yang pas. Selain di dalam rumah, di bagian belakang atau di luar rumah pun bisa jadikan tempat membuat kolam ikan. Hanya saja, mampukah kolam itu memberikan kenyamanan.

Jangan sampai kolam sudah dibuat, namun kepenatan atau stress Anda tidak hilang. Karena penting diingat, bahwa kehadiran kolam adalah untuk memberikan ketenangan, maka pilihlah lokasi kolam yang memang diprediksikan bisa memberikan ketenangan.

2. Buatlah kolam yang dangkal.
Membuat kolam ikan jangan terlalu dalam. Buatlah kolam dalam kondisi dangkal. Karena yang paling penting bagi ikan bukanlah dalamnya, tapi bersihnya air tempat hidupnya. Selain itu, dengan dangkalnya kolam akan mudah melihat ikan yang ditaruh di dalam kolam.

Selain itu, kolam yang dibuat juga mesti selalu dibersihkan. Paling tidak seminggu sekali. Jika Anda jarang membersihkan kolam, maka akan cepat munculnya lumut. Lumut itu bisa membuat pandangan tidak menarik dan juga menjadi air cepat kotor.

Membuat Kolam Ikan dalam Rumah

Saat membuat dinding kolam ikan, hendaknya bertekstur halus dan lembut. Fungsinya adalah untuk menjaga keselamatan ikan dari incaran kucing atau tikus. Selain itu, jangan buat air langsung berada dibibir mulut kolam. Buatlah jaraknya sekitar 50 cm.

Jadi, dangkal yang penulis maksud adalah jika Anda masuk ke dalamnya untuk membersihkan tidak membuat seluruh badan Anda masuk. Kira-kira seukuran pinggang Anda. Usahakan ada penutup di atas kolamnya, entah itu terpal atau seng plastik. Tujuannya, agar sinar matahari tidak langsung mengenai air kolam.

Jenis-Jenis Ikan Kolam
Rasanya, penulis juga penting menjelaskan tentang jenis-jenis ikan yang bisa hidup di dalam kolam. Artinya, tak semua ikan bisa hidup di dalam kolam yang dibuat di rumah. Berikut ini nama-nama ikan yang bisa hidup di dalam kolam.

Untuk bentuk kolam ikan yang di dalam rumah, bisa dibuat dalam bentuk persegi, lonjong, atau bulat. Semua itu tergantung pada pilihan Anda sendiri. Yang paling penting, dapatkanlah ketenangan dan kebahagian dengan memiliki kolam ikan dalam rumah. Jadikan ia hiburan yang menyenangkan bagi Anda. Hiburan yang tak membutuhkan biaya besar. Semoga bermanfaat.