Tips Rumah

Tips Mencegah Air Hujan Masuk ke Dalam Rumah Melalui Celah Pintu

Mencegah Air Hujan Masuk ke Dalam Rumah – Pernahkah rumah Anda kemasukan air? Kejadian seperti ini pasti membuat Anda dan keluarga merasa kesal. Masuknya air ke dalam rumah melalui celah pintu jelas membuat Anda dan keluarga merasa kesal dan sangat merepotkan dalam hal membersihkan, belum lagi bekas air yang nantinya menjadi noda dan merusak dinding, kusen hingga perabot rumah. Oleh karena itu untuk Anda yang tinggal di daerah rawan banjir maupun yang tinggal di dekat perairan, ada baiknya melakukan langkah pencegahan terlebih dahulu agar di masa mendatang air hujan tak masuk melalui celah pintu. Karenanya kali ini Dinastiarsitek.com akan membagikan tips mencegah air hujan masuk ke dalam rumah melalui celah pintu.

Sebenarnya, ada berbagai cara untuk mencegah rumah kebanjiran. Namun, ada cara untuk mencegah air hujan agar tidak masuk ke dalam rumah melalui celah pintu. Berikut ini tips mencegah air hujan masuk ke dalam rumah. Yuk simak baik-baik artikel lengkapnya!

Tips Mencegah Air Hujan Masuk ke Dalam Rumah Melalui Celah Pintu

Tips Mencegah Air Hujan Masuk ke Dalam Rumah Melalui Celah Pintu

Menyisipkan kain pada celah jendela dan pintu
Cara yang paling sederhana dan bisa dilakukan oleh orantua, orang dewasa bahkan anak kecil, adalah dengan meletakkan kain pada celah jendela dan pintu. Dengan begini, air hujanpun otomatis akan diserap oleh kain sebelum masuk ke dalam rumah. Mudah sekali, bukan?

Menempatkan triplek di pintu untuk menghalau air
Cara yang cukup sederhana, Anda bisa menempatkan triplek di pintu untuk menghalau air. Jika anda ingin lebih kuat lagi, misalnya untuk menghalau banjir, Anda bisa memberi penahan seperti besi di bagian kiri-kanan triplek yang disekrup ke kusen pintu. Sedangkan celah pintu bisa diisi atau diutup dengan lelehan lilin malam agar air tidak merembes masuk ke dalam rumah.

Baca Juga:  Denah Kontrakan 3x5 Hunian Ideal untuk Pasangan Muda

Mengeruk tanah atau meninggikan levelling lantai
Apabila rumah Anda lebih rendah sedikit dari jalan utama, maka bukan tidak mungkin lagi jika rumah Anda jadi sering kebanjiran atau kemasukan air saat hujan. Oleh sebab itu Anda juga bisa mencoba menghalangi jalannya air hujan agar tidak masuk ke dalam rumah melalui celah pintu, dengan menggunakan tanah atau meninggikan levelling lantai di depan pagar atau di depan pintu. Dengan begitu, air tidak masuk ke dalam rumah. Anda juga bisa menambah levelling lantai di depan pintu agar air tidak bisa masuk ke celah-celahnya.

Memberi sealer untuk menutup celah pintu
Bila ingin rumah anti air dan terlihat lebih rapi tanpa adanya tumpukan tanah di depan rumah atau triplek di pintu, Anda juga  bisa mengaplikasikkan sealer untuk menutup celah pintu. Sealer juga  bisa ditempelkan di bagian bawah pintu untuk menutupi celah pintu. Dengan adanya sealer untuk menutupi celah pintu, rumah jadi lebih terlindungi dari masuknya serangga dan air.

Memasang floodgate pada pagar atau pintu rumah
Apabila Anda tak hanya sekedar ingin mencegah air hujan masuk ke dalam rumah dan ingin berjaga-jaga agar rumah tidak kebanjiran, Anda bisa memasang floodgate pada pagar atau pintu rumah Anda. Gerbang jenis ini awalnya digunakan pada tanggul , yang kemudian dimodifikasi agar bisa digunakan di tiap-tiap gerbang atau pintu rumah untuk menghalau masuknya air banjir ke dalam rumah. Jika Anda tinggal di daerah rawan banjir dan memiliki budget yang lumayan banyak, sebaiknya pasang floodgate untuk melindungi rumah Anda.

Demikian tips dan trik agar rumah anda tidak kemasukan air di celah pintu. Anda pasti tak ingin kejadian jika bagian dalam rumah jadi kotor, berantakan dan rusak akibat kemasukan air hujan maupun kebanjiran, bukan? Maka dari itu lakukanlah cara yang kami berikan.
Jika Anda ingin membaca artikel seputar desain dan konsep hingga tips dan trik seputar arsitektur, rajinlah mengakses dan mengikuti kami di website maupun sosial media. Dan jika Anda butuh jasa desain rumah eksklusif, hubungi Dinastiarsitek.com  Jasa Arsitek Berpengalaman Dan Profesional di Indonesia.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.