Tips Rumah Desain Rumah Eksterior Interior

Trik Desain Rumah Tropis, Bikin Hunian Tambah Mewah!

Trik Desain Rumah Tropis

Trik Desain Rumah Tropis – Hidup di daerah tropis membuat pemilik hunian perlu mengaplikasikan strategi-siasat desain tertentu agar membuat hunian yang nyaman untuk ditempati.

Ide hunian tropis selanjutnya diaplikasikan untuk mengadopsi lingkungan yang mempunyai radiasi matahari, curahan hujan, dan kelembapan yang tinggi.

Disamping itu, ide rumah tropis dapat menjawab beragam masalah yang ada saat membuat hunian di pemukiman padat, seperti kebatasan tempat dan keperluan ruangan terbuka.

Tetapi, wujud eksperimen bangunan ini tidak memandang keadaan alam tropis sebagai sebuah persoalan, tetapi menyaksikannya sebagai kekuatan yang memberikan keuntungan.

Secara singkat, desain yang diaplikasikan rumah tropis bisa memberi respon alam secara baik hingga memberi imbas positif untuk pemiliknya. Lalu, seperti apakah strategi yang dapat dilaksanakan untuk memaksimalkan kekuatan alam lewat ide rumah tropis?

Trik Desain Rumah Tropis, Bikin Hunian Tambah Mewah!

Turunkan temperatur panas dengan mempertinggi plafon

Trik Desain Rumah Tropis

Besarnya suplai cahaya matahari yang masuk ke rumah bisa membuat ruang berasa panas. Dengan mempertinggi plafon, volume ruangan di dalam rumah tropis menjadi lebih besar hingga udara bisa bergerak dengan bebas.

Udara panas yang mempunyai periode lebih enteng akan mengumpul pada bagian atas plafon hingga sisi bawah ruang juga dialiri udara dingin yang lebih berat massanya. Langit-langit rumah tropis bisa ditinggikan sampai 3 meter.

Buat rongga di dalam rumah tropis

Ide rumah tropis memercayakan rongga atau ruang-ruang terbuka dalam hunian sebagai lajur perputaran udara. Datangkan ruangan terbuka di tengah-tengah rumah tropis dengan menyelipkan taman di rumah, innercourt, atau void rumah.

Ke-3 komponen ini selainnya dapat menambahkan kesejukkan di dalam rumah tropis, dapat dicicipi keelokannya. Saat ruangan luar tak lagi dapat digunakan untuk ruangan terbuka hijau, menjadikan rongga rumah tropis ini sebagai fasilitas untuk berhubungan dengan alam.

Baca Juga:  Rumah Klasik Tropis: Kesejukan dan Klasik dalam Desain

Limpahi ruang dengan sinar dari bukaan lebar

Trik Desain Rumah Tropis

Bukaan lebar pada rumah tropis menyuplai sinar alami yang bisa digunakan untuk keperluan pencahayaan pada pagi dan siang hari. Pendayagunaan ini bisa menggerakkan pemilik rumah agar semakin mengirit penggunaan listrik.

Selainnya datangkan sinar alami, bukaan lebar pada rumah tropis menambahkan supply oksigen dalam ruangan. Angin segar yang dibawa bukaan juga bisa menahan ruang-ruang lembap di dalam rumah tropis.

Alirkan udara lewat sirkulasi silang

Sirkulasi atau lubang udara yang terpasang pada satu sektor saja cuman akan hasilkan angin mati. Tetapi, sirkulasi tidak perlu ditempatkan pada dua sektor yang bertemu.

Anekaragamkan tinggi sirkulasi silang di dalam rumah tropis supaya angin masuk dari lubang yang lebih rendah dan keluar di lubang yang semakin tinggi. Dengan ini tujuan angin bisa ditujukan secara baik hingga udara bisa bersirkulasi terlebih dahulu dalam ruangan rumah tropis.

Datangkan nuansa alami dengan material alami

Trik Desain Rumah Tropis

Optimalkan kesan-kesan alami di dalam rumah tropis dengan memakai material alami, seperti kayu, bambu, rotan, dan material logam bagus untuk komponen bangunan, furniture atau dekor.

Dengan beberapa material alami ini bisa diaplikasikan pada sebuah ruangan bertepatan dengan desain bangunan yang mengikuti aturan arsitektur tropis. Pemakaian material alami di dalam rumah tropis bisa membuat ikatan kuat di antara alam, bangunan, dan pemiliknya.

Lebih sejuk dengan pohon-pohonan dan kolam

Lingkupi tempat luar rumah tropis dengan formasi tanaman hias dan pohon-pohonan untuk membuat wilayah bayang-bayang. Wilayah bayang-bayang di dalam rumah tropis ini bisa memfilter udara polusi sekalian jadi peredam kecepatan angin.

Aksesori taman seperti kolam hias ikut berperanan dalam menambahkan kesejukan disekitaran rumah tropis. Evaporasi air kolam karena panas matahari membuat cuaca micro yang mendinginkan temperatur di tempat dekat kolam.

Baca Juga:  5 Ide Almari Pakaian Sliding yang Cocok Untuk Rumah Mungilmu

Mempercantik fasad rumah tropis dengan komponen perlindungan

Selainnya memberi perlindungan tambahan pada bangunan hunian tropis, khususnya sisi eksteriornya, komponen perlindungan seperti roster beton, kanopi rumah, atau kisi-kisi kayu bisa menyuguhkan permainan struktur yang memikat dari sisi fasad.

Eksploitasi pemakaian material yang lain, seperti pot tanaman dari besi yang diatur sebagai tirai untuk rumah tropis. Instalasi perlindungan mempengaruhi pengudaraan di dalam rumah tropis. Saat temperatur ruang lebih dingin, pemiliknya juga tak lagi tergantung dengan pendingin ruang.

Ke-7 inspirasini jika diaplikasikan bisa hasilkan desain rumah tropis yang responsif lingkungan. Hasilnya memberi dampak periode panjang yang membuat pemiliknya lebih irit energi. Akhirnya, rumah tropis jadi lindungan di mana pemilik bisa jalani hidupnya dengan lebih bagus.

Copyright Milik CV. Dinasti Nawa Karya, Segala Tindak Pengambilan Aset Digital, Copy dan Paste Akan Kami Proses Secara Hukum.